CEK FAKTA: Hoaks Presiden Jokowi Mencopot Jabatan Menag Yaqut

Rabu, 9 Juni 2021 12:56 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Presiden Jokowi Mencopot Jabatan Menag Yaqut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Kabar Presiden Joko Widodo mencopot jabatan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beredar di media sosial. Informasi disebut lewat video yang diberi judul "BERITA TERBARU HARI INI 4 JUNI 2021 - JOKOWI; COPOT; MENAG YAQUT ; BERITA TERKINI" oleh akun Youtube C&N Channel pada 4 Juni 2021.

hoaks jabatan menag yaqut dicopot
Youtube

Penelusuran

Dari hasil penelusuran merdeka.com, video berjudul "BERITA TERBARU HARI INI 4 JUNI 2021 - JOKOWI; COPOT; MENAG YAQUT ; BERITA TERKINI" yang diunggah akun Youtube C&N Channel tidak berisi pernyataan resmi atau informasi pencopotan jabatan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Isi video hanya memuat kritikan akibat larangan pemberangkatan haji ke Arab Saudi, dan juga soal dana haji.

"Beginilah jika pemerintah sibuk melakukan asesment ideologi terhadap warganya, radikal, dan Menteri Agamanya sejak awal menjabat sibuk tenggelam pada isu-isu kosmetik, mereka jadi gagal menjamin hak warga negaranya untuk melakukan ibadah haji."

Kemudian tidak ditemukan informasi resmi soal pencopotan jabatan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam artikel merdeka.com berjudul "Gus Yaqut: Kemenag Itu Kementerian Semua Agama" pada 23 Desember 2021, dijelaskan bahwa Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut resmi menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi.

Serah terima jabatan dilakukan pada 23 Desember 2021 di Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat. Turut hadir pula Menteri Agama sebelumnya, Fachrul Razi yang didampingi oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Kesimpulan

Informasi Presiden Jokowi mencopot jabatan Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama adalah hoaks. Tidak ada informasi resmi soal kabar tersebut. Ada pun Yaqut Cholil Qoumas menggantikan Menteri Agama sebelumnya, Fachrul Razi, sejak 23 Desember 2021.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini