CEK FAKTA: Hoaks Foto Bulan Saat Meleleh

Senin, 7 Juni 2021 16:15 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto Bulan Saat Meleleh bulan purnama. ©2020 REUTERS/Costas Baltas

Merdeka.com - Sebuah foto memperlihatkan kondisi bulan purnama. Bulan dalam foto itu disebut-sebut saat bulan mulai meleleh. Foto beredar di media sosial Twitter.

hoaks foto bulan saat meleleh
turnbackhoax

"The moon is melting!" tulis pengunggah foto itu.

Berikut terjemahannya:

"Bulan sedang meleleh"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Foto Bulan Meleleh" pada 7 Juni 2021, dijelaskan bahwa bulan dalam foto itu tidak meleleh.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut telah melalui proses penyuntingan dan merupakan karya dari seorang digital artist bernama Risyan. Foto itu pernah diunggahnya melalui akun Instagram pribadinya @rzvn_ pada 26 Juli 2017.

hoaks foto bulan saat meleleh
turnbackhoax

Dalam narasi unggahannya, ia menyebut bahwa karya buatannya adalah gabungan dari foto air terjun milik fotografer bernama Mark Bouldoukian dan foto bulan milik NASA.

Kesimpulan

Sebuah foto yang disebut-sebut diambil saat bulan meleleh adalah hoaks. Foto itu merupakan penggabungan dari foto air terjun milik fotografer bernama Mark Bouldoukian dan foto bulan milik NASA.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini