CEK FAKTA: Hoaks Facebook Bebas Mengakses dan Mengambil Postingan Pemilik Akun

Rabu, 13 Januari 2021 14:16 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Facebook Bebas Mengakses dan Mengambil Postingan Pemilik Akun Ilustrasi Facebook. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar informasi aturan baru Facebook yang menyebutkan bahwa Facebook bebas menggunakan postingan pemilik akun. Sejumlah postingan yang bisa diambil dan digunakan Facebook, seperti gambar, video, dan lain sebagainya.

hoaks facebook bebas mengakses dan mengambil postingan pemilik akun
Kominfo

"PERINGATAN..!!!

Jangan lupa besok mulai aturan Facebook yang baru, di mana mereka dapat menggunakan segala material postingan anda. Jangan lupa batas waktunya hari ini!!! Mereka dapat mengunakannya dalam perkara litigasi terhadap diri anda di pengadilan atas semua postingan yg telah terpublikasi mulai hari ini, bahkan pesan yang telah terhapus.

Tidak ada biaya untuk salinan ini dan posting status ini di halaman Facebook anda, segera deklarasikan hari ini, lebih baik aman daripada menyesal nanti.

Saya deklarasikan bahwa saya tidak memberikan izin kepada Facebook atau entitas yang terkait dengan izin Facebook untuk menggunakan material postingan apapun termasuk photo, gambar, informasi, pesan, atau email saya, baik di hari ini, di masa lalu maupun di masa depan.

Dengan deklarasi ini, saya beritahukan kepada Facebook bahwa dilarang keras untuk mengungkapkan, menyalin, mendistribusikan, atau mengambil tindakan lain terhadap diri saya berdasarkan profil Facebook ini dan/atau isi dan informasinya.

Pelanggaran privasi dapat dituntut secara hukum di pengadilan baik perdata ataupun pidana."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam penjelasan resmi Facebook, dijelaskan bahwa Facebook tidak mengeluarkan aturan baru seperti itu.

Anda mungkin sudah melihat kiriman yang meminta Anda untuk menyalin dan menempel pemberitahuan untuk mempertahankan kontrol atas hal yang Anda bagikan di Facebook. Jangan percaya itu. Ketentuan kami sangat jelas: Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda kirimkan di Facebook, dan Anda dapat mengontrol bagaimana kiriman tersebut dibagikan melalui privasi dan pengaturan aplikasi. Seperti itu cara kerjanya, dan belum berubah.
Anda dapat mengunjungi Dasar-Dasar Privasi untuk menemukan lebih banyak tentang siapa yang melihat kiriman Anda di Facebook dan topik lainnya.
Anda juga dapat membaca Kebijakan Data untuk menemukan informasi apa yang kami kumpulkan dan cara kerja dan cara membagikannya. Kami ingin Anda mengetahui dan mengontrol pengalaman Anda di Facebook.

Kesimpulan

Informasi Facebook bisa bebas mengakses dan mengambil postingan pemilik akun adalah hoaks. Facebook tidak mengeluarkan aturan baru seperti itu. Kemudian, pemilik akun bisa bebas mengontrol terkait akun miliknya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini