CEK FAKTA: Hoaks Elon Musk akan Beli Snapchat

Jumat, 2 Desember 2022 12:43 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Hoaks Elon Musk akan Beli Snapchat elon musk. ©AFP

Merdeka.com - Tangkapan layar berisi akun Twitter yang mirip akun resmi Elon Musk, @elonmusk beredar di media sosial. Dalam tangkapan layar itu muncul klaim Elon Musk akan membeli Snapchat dan menghapus seluruh filter yang ada.

Berikut cuitan yang ada di tangkapan layar.

"Next I'm buying Snapchat and deleting all the filters. Welcome back to reality, ladies."
(Selanjutnya saya membeli Snapchat dan menghapus semua filter. Selamat datang kembali ke dunia nyata, nona-nona)

Tampak unggahan pada 26 November 2022 itu mendapat lebih dari 300 ribu suka dan 35 ribu retweet. Tangkapan layar cuitan ini lantas diunggah kembali di laman Facebook pada 30 November 2022.

Penelusuran

Tim cek fakta menelusuri cuitan Twitter di akun resmi Elon Musk pada 26 November dan tidak ditemukan unggahan yang seperti klaim.

Elon justru mengetweet dengan narasi, "Simpson’s predicts I buy Twitter S26E12" (Simpson memprediksi saya membeli Twitter S26E12) yang mendapat 287 ribu suka.

Sementara itu, dilansir dari politifact.com Musk mengunggah tweet dengan menyebut Snapchat pada Mei. Saat itu dirinya menyebut mengenai harga saham aplikasi tersebut.

Hasil arsip Cek Fakta merdeka.com diketahui kabar hoaks mengenai Elon Musk kerap beredar. Dirinya pernah dikabarkan akan membeli TikTok, Adobe, dan memberikan centang warna kuning untuk penganut Yahudi.

Kesimpulan

Klaim Elon Musk akan membeli Snapchat dan akan menghapus seluruh filter di dalamnya adalah hoaks. Tidak ada bukti atas klaim tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.facebook.com/photo/?fbid=514138697421125&set=a.301530435348620
https://www.politifact.com/factchecks/2022/nov/30/viral-image/no-elon-musk-didnt-tweet-that-hes-buying-snapchat/

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini