CEK FAKTA: Hoaks Cristiano Ronaldo Masuk Islam Saat Piala Dunia Qatar

Senin, 5 Desember 2022 16:13 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Cristiano Ronaldo Masuk Islam Saat Piala Dunia Qatar Cristiano Ronaldo. ©2018 Skysport.com

Merdeka.com - Beredar unggahan di media sosial Facebook tentang bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo, yang diklaim masuk Islam saat Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam unggahan tersebut muncul foto Ronaldo mengenakan baju gamis berwarna putih dengan penutup kepala. Akun itu menambahkan narasi:

"Ronaldo Resmi Jadi Mualaf Di Piala Dunia Qatar 2022.? ?Inilah Bukti Pemain Bintang CR7 Tertarik Masuk Agama Islam," narasi diunggah pada 29 November 2022.

cek fakta hoaks cristiano ronaldo masuk islam saat piala dunia qatar
©Facebook

Penelusuran

Dilansir dari AFP Periksa Fakta, penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto Ronaldo mengenakan baju gamis ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya, foto yang sama diunggah situs rabian Business, situs berita dari Dubai, pada tanggal 28 Desember 2014.

Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, judul artikel itu berbunyi: “Foto: Cristiano Ronaldo menghabiskan Natal di Dubai.” Artikel tersebut juga melaporkan bahwa Ronaldo mengunggah beberapa foto di akun media sosialnya.

Laporan tersebut tidak menyebutkan Ronaldo masuk Islam.

Foto yang sama juga diunggah situs emirates247.com, berjudul "Cristiano Ronaldo turns Emirati in Dubai," pada Senin 29 Desember 2014.

cek fakta hoaks cristiano ronaldo masuk islam saat piala dunia qatar
©emirates247.com

Dalam sebuah wawancara dengan harian berita olahraga Italia, La Gazzetta dello Sport, pada tahun 2018, Ronaldo berkata, “Saya pergi ke gereja setiap minggu. Setiap minggu. Saya seorang Katolik dan saya berterima kasih kepada Tuhan akan segalanya yang Ia berikan kepada saya.”

Kesimpulan

Cristiano Ronaldo diklaim masuk Islam saat Piala Dunia 2022 di Qatar adalah tidak benar. Faktanya foto yang beredar adalah saat dia berlibur di Dubai pada 2014 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://periksafakta.afp.com/klaim-menyesatkan-tentang-cristiano-ronaldo-mualaf-dibagikan-dengan-foto-lama-pesepak-bola-itu-di
https://www.emirates247.com/entertainment/cristiano-ronaldo-turns-emirati-in-dubai-2014-12-29-1.574801

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini