CEK FAKTA: Foto Ini Adalah Letnan Pierre Tendean, Bukan Wawan Wanisar

Selasa, 12 Oktober 2021 14:09 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Foto Ini Adalah Letnan Pierre Tendean, Bukan Wawan Wanisar Pierre Tendean. ©2016 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Sebuah foto pria yang disebut bernama Wawan Wanisar beredar di media sosial. Wawan Wanisar merupakan aktor Indonesia yang meninggal dunia pada 29 Maret 2021 lalu. Pengunggah foto itu menyebutkan bahwa foto itu bukan Pierre Tendean, melainkan Wawan Wanisar yang sedang memainkan peran Pierre Tendean.

foto ini adalah letnan pierre tendean bukan wawan wanisar
Kominfo

"Ini bukan foto Capt. Czi. Pierre Tendean. Ini foto seorang Aktor Indonesia yang memerankan karakter Capt. Pierre dalam film G30S/PKI karya Arifin C. Noer. Almarhum Aktor hebat ini bernama populer Wawan Wanisar. Kawan seprofesi yang saya hormati. Hari ini beliau duluan pulang ke Rahmatulloh. Wawan penuh dedikasi dan bekerja. Disiplin. Selamat jalan Abang Capten. Jumpa nanti di Jannah. Insya Allah. Bismillahirrahmanirochim. Innalillahi wa innailaihi raji'uun"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya informasi tersebut adalah hoaks.

Dari berbagai sumber artikel, ditemukan bahwa foto tersebut benar pahlawan revolusi Letnan Pierre Tendean.

Dalam artikel merdeka.com berjudul "Letnan Pierre Tendean si ganteng dari Panorama" pada 29 September 2016, dijelaskan bahwa Pierre Tendean merupakan pria keturunan Minahasa dan Prancis

Jadi tentara memang pilihan hidup Pierre Tendean. Setelah lulus SMA di Semarang, dia enggan mengikuti jejak ayahnya Dr. AL Tendean, seorang dokter berdarah Minahasa. Konon Pierre sengaja mengerjakan tes asal-asalan saat mengikuti ujian Fakultas Kedokteran.

Nah, giliran daftar akademi militer, dia kerjakan dengan sungguh-sungguh. Sudah bisa diduga, akhirnya Pierre jadi taruna angkatan darat tahun 1958. Walau saat itu yang mendukung hanya Mitzi, kakak sulungnya.

Ibu Pierre adalah Maria Elisabeth Cornet, seorang wanita indo berdarah Prancis. Dari ibunya Pierre memperoleh kulit putih dan tubuh tinggi.

Operasi penumpasan pemberontakan di Sumatera jadi pengalaman tempur pertama. Saat itu Pierre masih Kopral Taruna. Dia diberi kesempatan magang untuk merasakan medan pertempuran sesungguhnya.

Tahun 1962, dia lulus dari ATEKAD dan menyandang pangkat Letnan Dua. Jabatan pertamanya sebagai Komandan Peleton pada Batalyon Zeni Tempur 2/Kodam II di Medan.

Kesimpulan

Pengunggah foto menyebutkan pria dalam foto bukan Pierre Tendean, melainkan Wawan Wanisar, adalah hoaks. Pria dalam foto tersebut benar Pierre Tendean, bukan Wawan Wanisar.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini