CEK FAKTA: Benarkah Ini Video Gudang Penyimpanan Emas Ratu Elizabeth II?

Kamis, 29 September 2022 12:30 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Benarkah Ini Video Gudang Penyimpanan Emas Ratu Elizabeth II? Ratu Elizabeth II menyetir mobil hadiri Royal Windsor Horse. ©2019 AFP PHOTO/Daniel LEAL-OLIVAS

Merdeka.com - Video yang memperlihatkan foto-foto Ratu Elizabeth II dalam ruangan berisi tumpukan emas batangan, beredar di media sosial Facebook. Video itu diklaim sebagai gudang penyimpanan emas milik ratu Inggris.

Video terlihat Ratu Inggris Elizabeth II ditemani beberapa orang pria sedang mengamati rak berisi emas batangan dalam sebuah ruangan besar. Kemudian foto tumpukan batangan emas di ruang penyimpanan tersebut.

"Nich liat genks Simpanan Emas Ratu Elizabeth yang tersimpan di ruang bawah tanah. Apa kabar kalian para pejuang logam mulia yang mengumpulkan mulai dari 0.1gram," keterangan unggahan tersebut.

Tulisan di atas video berbunyi: "Simpanan emas 24 karat Ratu Elizabeth, yg tersimpan di ruang bawah tanah."

cek fakta benarkah ini video gudang penyimpanan emas ratu elizabeth ii
©Facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran, melansir dari situs periksafakta.afp.com, foto-foto Ratu Elizabeth II itu diambil saat dia mengunjungi tempat penyimpanan emas milik Bank of England pada tahun 2012.

Pencarian gambar terbalik di Google menemukan foto Ratu Elizabeth sedang mengamati emas batangan di situs web agensi foto Getty Images.

cek fakta benarkah ini video gudang penyimpanan emas ratu elizabeth ii
Perbandingan tangkapan layar foto pertama (kiri) dan foto asli di situs web Getty Images (kanan)

"Ratu Elizabeth II mengamati tumpukan emas saat berkunjung ke Bank of England besama Pangeran Philip, Adipati Edinbrugh, pada 13 Desember 2012 di London, England," demikian bunyi sebagian keterangan foto tersebut.

Sementara itu juru bicara Bank of England bahwa foto yang beredar diambil saat kunjungan Ratu Elizabeth ke Bank of England.

"Kami mengonfirmasi foto itu diambil saat kunjungan ke Bank of England," juru bicara Bank of England mengatakan kepada AFP.

Pada tanggal 13 Desember 2012, BBC juga membuat liputan video tentang kunjungan Ratu Elizabeth II di Bank of England, yang memperlihatkan sang ratu dan sejumlah staf mengenakan pakaian yang sama seperti di video menyesatkan.

Sementara itu di laman web bank sentral Britania Raya menulis tidak benar bahwa Bank of England dimiliki oleh Keluarga Kerajaan.

"Kami sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah Britania Raya," demikian penjelasan di laman web bank sentral tersebut.

Kesimpulan

Video yang menunjukkan gudang penyimpanan emas milik ratu Inggris adalah keliru. Faktanya, video itu memperlihatkan kunjungan Ratu Elizabeth II ke penyimpanan emas milik Bank of England pada tahun 2012. Bank of England sepenuhnya dimiliki pemerintah Britania Raya, bukan keluarga kerajaan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/queen-elizabeth-ii-views-stacks-of-gold-as-she-visits-the-news-photo/158325525
https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.32K78UV-1

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini