Kayu manis, obat penangkal penyakit Alzheimer

Reporter : Destriyana | Senin, 27 Mei 2013 10:06

Kayu manis, obat penangkal penyakit Alzheimer
Ilustrasi kayu manis. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Chamille White

Merdeka.com - Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease, dua senyawa yang ditemukan dalam kayu manis bisa memiliki peran besar dalam menunda timbulnya penyakit Alzheimer, dan bahkan dapat mencegah kondisi neurodegenerative.

Para peneliti yang terdiri dari Roshni George dan Donald Graves dari University of California, Santa Barbara, Amerika, menjelaskan bahwa senyawa cinnamaldehyde dan epicatechin dalam kayu manis dapat menjanjikan perlindungan terhadap munculnya penyakit Alzheimer, bentuk paling umum dari demensia.

Mereka juga mengatakan bahwa zat tersebut telah terbukti mencegah pembentukan serabut di otak yang ditemukan dalam sel-sel otak yang mencirikan penyakit Alzheimer.

Menurut para peneliti, sebagaimana dilansir Redorbit (24/5), protein yang dikenal sebagai tau bertanggung jawab untuk perakitan mikrotubulus dalam sel, dan juga memainkan peran penting dalam struktur dan fungsi neuron.

Dalam kasus Alzheimer, ketika tau tidak terikat dengan benar pada mikrotubulus yang membentuk struktur sel, ia akan cenderung mengumpul, yang pada akhirnya akan membentuk serat larut dalam neuron.

[des]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE