10 Manfaat pisang bagi kesehatan tubuh Anda

Reporter : Destriyana | Sabtu, 14 Juli 2012 14:46




10 Manfaat pisang bagi kesehatan tubuh Anda
Pisang berkulit kuning cerah. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pisang adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Bagaimana tidak, buah tropis berkulit kuning ini memiliki sejuta manfaat. Sebagian besar orang percaya bahwa dengan makan pisang, tubuh mereka akan selalu bugar. Jadi penasaran dengan manfaat pisang. Mau tahu? Yuk kita intip 10 manfaat pisang bagi kesehatan, menurut the-perfectshape.com!

1. Sumber energi

Pisang mengandung tiga jenis gula alami: fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Makanya, banyak atlet suka makan pisang saat istirahat pertandingan untuk menambah energi secara instan.

2. Kesehatan jantung

Pisang kaya akan serat makanan yang bisa mencegah penyakit jantung koroner. Buah tropis ini juga memiliki kandungan kalium yang tinggi, namun rendah natrium. So, pisang merupakan makanan yang sempurna untuk mencegah tekanan darah tinggi.

3. Baik untuk darah

Selain kalium, pisang juga kaya akan vitamin B6 yang penting dalam pembuatan antibodi dan hemoglobin dalam darah. Vitamin B6 sangat penting dalam menjaga kadar gula darah tetao stabil.

4. Sistem saraf yang sehat

Kandungan potasium pada pisang dapat mencegah serangan stroke. Terbukti, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan pisang secara teratur dapat mengurangi 40% risiko kematian karena stroke.

5. Kesehatan ginjal

Dengan bantuan kalium, pisang juga bisa mengurangi risiko batu ginjal yang berhubungan dengan ekskresi kalsium dalam urin.

6. Mood booster

Vitamin B6 atau triptofan berperan penting dalam pembuatan hormon serotonin, yang bertugas mengatur suasana hati dan menenangkan otak. Perlu senjata untuk melawan depresi atau insomnia? Makan pisang dong!

7. Anemia

Pisang mengandung zat besi, yang penting dalam memerangi anemia. Senyawa ini juga penting dalam pembuatan hemoglobin dalam tubuh, lho. Wah, pantas saja si monyet tidak pernah anemia.

8. Baik untuk otak

Pisang dapat meningkatkan kekuatan otak Anda. Sekitar 20% dari aliran darah tubuh dipompa ke jantung. Selain itu, otak juga memerlukan banyak energi dan oksigen untuk bekerja.

9. Luka lambung

Pisan juga memiliki efek anti-asam yang menenangkan perut dan meredakan rasa perih di perut. Tidak hanya sampai disitu, pisang juga bisa melawan ulkus (luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi pada lambung) dengan mengurangi keasaman dan iritasi pada lambung.

10. Buang air besar

Buah pisang terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Nah, makan pisang menjadi solusi alami untuk mengatasi sembelit.

Duh, banyak banget ya manfaat pisang bagi kesehatan. Mungkin itu tuh yang membuat si monyet doyan sekali makan pisang. Selain sehat, pisang juga bikin hati bahagia alias sebagai mood booster.

[des]


Komentar Anda


Smart People Like This
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER

LATEST UPDATE
  • Diduga salah tangkap, pelajar SMP anak TNI dianiaya polisi
  • Satpol PP cantik asal Banten ketakutan fotonya nyebar di medsos
  • Mobil sport listrik buatan Yogyakarta mejeng di IIMS 2014
  • KPK sindir SBY: Antikorupsi tapi 'bawahannya' banyak korupsi
  • Supermodel Alessandra Ambrosio suka kalap makan es krim
  • Ditahan tak sesuai prosedur, Udar Pristono tempuh pra-peradilan
  • Seri klasik Triumph betot perhatian pengunjung IIMS 2014
  • Menteri utama Skotlandia mundur dari jabatannya
  • KPK: Kerap berikan PB, napi korupsi merasa mudah untuk bebas
  • Tanggulangi kebakaran hutan, Kapolda dan Pemda diminta responsif
  • SHOW MORE