Probosutedjo: Pak Harto aktor Serangan Umum 1 Maret

    Reporter : Parwito | Jumat, 1 Maret 2013 17:00

    Probosutedjo: Pak Harto aktor Serangan Umum 1 Maret
    Pak Harto The Untold Stories. ©2013 Merdeka.com/repro/museum purna bhakti pertiwi

    Merdeka.com - Adik seibu mantan Presiden Soeharto, Probosutedjo menilai kakaknya itu sebagai aktor Serangan Umum 1 Maret. Pernyataan itu disampaikan Probo saat menghadiri peresmian pemugaran rumah kelahiran mantan Presiden RI Soeharto.

    "Dipilihnya peresmian pada tanggal 1 Maret 2013 ini karena bertepatan dengan peristiwa bersejarah Pak Harto, yakni sebagai aktor sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949 terhadap penjajah Belanda," kata Probo di rumah tempat kelahiran mantan Presiden RI ke-II di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Soal siapa aktor utama Serangan Umum 1 Maret menjadi polemik lama. Sejarawan Asvi Warman Adam mengkritik dominasi peran Soeharto tersebut. Berdasarkan fakta-fakta, Soeharto yang hanya berpangkat Letnan Kolonel jelas tidak mungkin menginisiasi serangan tersebut. Asvi yakin Soeharto hanya pelaksana di lapangan. Inisiator sesungguhnya pasti Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

    Probo mengatakan, Soeharto yang lahir pada 8 Juni 1921 dari pasangan Kertosudiro dan Sukirah, keluarga petani desa yang tidak memiliki sejengkal tanah sawah, namun tidak disangkanya bisa menjadi bapak Pembangunan dan Presiden RI.

    "Tentunya generasi penerus sejarah atau para peneliti sejarah akan dapat melihat realitas Pak Harto sebagai aktor sejarah ternyata sebagai anak desa dari kalangan petani," kata Probo dikutip antara.

    Rumah kelahiran mantan Presiden RI di atas tanah seluas 3.800 meter persegi, Kamis (1/3) diresmikan setelah dipugar menjadi tiga bangunan yakni berupa joglo, sebuah bangunan untuk ruangan diorama dan bangunan utama sebagai tempat tinggal.

    Menurut Probo, sebagai cucu pemilik tanah tersebut mengaku bangga dengan perjuangan Pak Harto untuk bangsa Indonesia, sehingga melalui pemugaran kembali rumah ini bisa sebagai tempat untuk mengenang jasa-jasa perjuangan.

    Peresmian selain dihadiri putra almarhum Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana dan kerabatnya juga dihadiri sejumlah mantan pejabat negara masa Orde Baru seperti Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Haryono Suyono dan mantan Kepala Arsip Nasional Joko Utomo.

    Sementara, perancang pemugaran rumah kelahiran Soeharto, Joko Utomo mengatakan, tanah seluas 3.800 meter persegi yang dikelilingi pagar tembok ini telah dibangun berupa joglo seluas 600 meter persegi, bangunan untuk diorama 250 meter dan bangunan utama 465 meter.

    Selain bangunan, kata mantan Kepala Arsip Nasional periode 2004-2009 ini di halaman depan rumah juga dibuat patung fiber Jenderal Besar Soeharto dengan ketinggian sekitar 3,5 meter dan patung lebih kecil di dalam ruangan diorama.

    "Awal pemugaran dan pembangunan dimulai pada 15 Oktober 2012 dan selesai sekitar seminggu lalu. Untuk patung masih fiber, namun di dalam sudah ada perunggu sehingga nanti akan ada penyempurnaan," katanya.

    Baca juga:
    Serangan Umum 1 Maret dan kisah Soeharto tak mempan ditembak
    Enak sekarang atau zaman Soeharto?
    Kisah Soeharto yang dituding korupsi memerangi korupsi
    Padi Haji Muhammad Soeharto hasilkan 25 ton per hektare

    [tts]

    Komentar Anda


    Suka artikel ini ?
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

    KUMPULAN BERITA
    # Soeharto

    JANGAN LEWATKAN BERITA
    Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

    Let's be smart, read the news in a new way.
    Tutup
    Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
    Kirim ke

    Free Content

    • URL Blog

    • Contoh : merdeka.wordpress.com

    • Email

    • Password


    saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya





    BE SMART, READ MORE
    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Libur hari raya Galungan, lokasi wisata di Bali dipadati pengunjung
  • Besok, Menteri Susi akan tenggelamkan kapal asing asal Jepang
  • Obama minta Jokowi pimpin diskusi soal pemberantasan terorisme
  • Taufik sebut Ahok lebay mau gusur Kalijodo pakai tank
  • Cerita Kombes Khrisna Murti ditodong pistol oleh preman Kalijodo
  • Eks komplotan Santoso sempat diamankan di Polres Pelabuhan Makassar
  • Kuasa hukum tuding polisi paksakan pemeriksaan kejiwaan Jessica
  • KPK belum dengar sikap resmi Jokowi setujui revisi UU KPK
  • Teten dilaporkan ke Bareskrim karena diduga lecehkan Burung Garuda
  • Soal deponering, PDIP ingatkan Jokowi jangan intervensi hukum
  • SHOW MORE