10 Tempat legenda di dunia nyata

Reporter : Kun Sila Ananda | Kamis, 12 April 2012 11:22




10 Tempat legenda di dunia nyata
Ilustrasi Kerajaan Shambala. merdeka.com/dok

Merdeka.com - Seringkali kita mendengar tempat-tempat dalam sebuah kisah kepahlawanan atau dongeng rakyat. Tempat-tempat ini kemudian melegenda, dikenal oleh dunia, dan menjadi tempat yang penuh imajinasi dalam benak kita. Tahukah Anda, bahwa beberapa tempat yang ada di cerita benar-benar ada di dunia nyata? Ingin tahu tempat-tempat legenda itu? Lonely Planet akan membawa Anda ke sana.


1. Zanzibar, Tanzania

Apa yang ada dalam benak Anda jika mendengar nama "Zanzibar"? Berpuluh-puluh gadis cantik yang tertawa dan bersembunyi dibalik selimut sutra seperti dalam "Dongeng 1001 Malam"? Zanzibar memang sebuah kota yang ada di dunia nyata, namun tidak seperti yang diceritakan dalam dongeng. Zanzibar terletak di Tanzania. Sebuah kota yang tumbuh pesat antara abad ke-12 dan abad ke-15. Pada jaman dahulu, Zanzibar terkenal sebagai kota perdagangan dengan kapal-kapal yang berlabuh untuk bertukar budak, emas, kain sutra, dan kayu. Sultan Oman pernah membawa 100 selirnya dan tinggal di sini. Walaupun dia sudah lama tiada, namun pengaruh bumbu Arab masih terasa kental di kota ini.


2. El Colorado, Kolombia

Tersembunyi dalam hutan Amazon yang pekat terdapat sebuah kota yang terbuat dari emas, El Dorado. Begitulah cerita yang disampaikan oleh penjelajah Spanyol. El Dorado sendiri berarti adalah "Yang Keemasan". Walaupun begitu, pada tahun 1500 tak ada orang yang mampu menemukannya. Mereka mulai mencarinya dari dataran tinggi Andean hingga Guyana selama hampir dua abad, namun hasilnya nihil. Mungkin saja yang dimaksud dengan El Dorado adalah El COlorado. Atau bisa jadi kota emas itu benar-benar ada, dan memiliki kemampuan menyembunyikan diri. Siapa tahu?


3. Bukit Ksatria, Mesir

Di sebelah barat Sungai Nil, berdirilah sebuah kota bernama Luxor yang ditinggali oleh Raja Firaun terakhir. Anda tahu kan para Firaun seperti Ramses Agung, Tuthmosis, dan King Tut. Mereka memimpin mulai tahun 1.500 - 1.000 SM, membangun banyak piramida untuk mengubur mayat hingga membentuk bukit batu. Lebih dari 60 makam telah dikebumikan di sana, dengan status dan kepercayaan akan kutukan bagi yang mengganggu ketenangan makam. Para pengunjung yang masih percaya akan hal ini akan memilih bukit ini sebagai tempat liburan nomor satu mereka.


4. Ys, Perancis

Seorang putri Celtic, Dahut meminta ayahnya untuk membuatkan kota di dekat laut. Jadi dibangunlah Ys, dengan pertahanan tingkat tinggi untuk menangkal gelombang air laut. Sang Raja membuat tanggul tertutup dan hanya Gradlon yang memiliki kuncinya. Sementara Dahut mengambil kesempatan ini untuk mengajak banyak pria berkencan dan membunuh mereka satu-persatu setelahnya. Suatu saat, setan menyamar dan menggoda Dahut untuk mencuri kunci dari Gradlon. Putri itu membuka kunci bendungan, sehingga banjir bandang melanda Ys. Semua orang tewas kecuali Gradlon. Saat ini, puing-puing kota ini terletak di teluk dekat Douarnenez, yang sekarang dikenal sebagai kota pantai di Brittany.

5. Troy, Turki

Penggemar mitologi akan mengenali Troy sebagai dasar cerita-cerita seperti "Hector", "Paris and Helen", dan dongeng tentang kuda kayu raksasa untuk menaklukkan kota. Kota ini berada di tengah-tengah ketika Perang Troya berlangsung, ketika Paris menculik Helen dari rajanya di Yunani. Bangsa Yunani membalas dengan berlayar menuju Troy untuk balas dendam. Itu adalah segelintir kisah tentang kota ini di mata legenda. Saat ini, tempat ini telah menjadi kota modern yang masih menyimpan banyak artefak sejarah dari kerajaan Yunani dan Troy.


6. Karakorum, Mongolia

Genghis Khan membangun sebuah rumah di sini pada akhir abad ke-13, lalu berangkat untuk menaklukkan dunia. Karakorum adalah ibukota Mongol yang juga disebut sebagai Empire of the Steepe. Walaupun begitu kemenangan Genghis Khan tidak bertahan lama, dan kota ini dihancurkan. Pengunjung yang datang saat ni harus berusaha keras membayangkan adanya tembok besar yang awalnya mengelilingi kota. Banyak peninggalan yang disimpan pada kuil Erdene Zuu, termasuk juga 108 stupa.


7. Carthage, Tunisia

Terletak di bagian modern Tunisia, Carthage dulunya adalah sebuah ibukota adidaya selama abad ke-3 SM. Namanya diambil dari seorang pembunuh dari kapal Phoenican yang berlayar di Laut Mediterania bersama pasukan gajah yang berbaris melalui gunung dan dipimpin oleh seseorang bernama Hannibal. Walaupun begitu, kota ini tak bertahan lama karena serangan dari pasukan Romawi. Saat ini, Anda hanya dapat melihat puing-puing dari rumah penduduk dan peralatan perang yang tersisa.


8. Timbuktu, Mali

Orang-orang biasa menggunakan kota ini untuk bahan ejekan seperti: "Bawa jauh-jauh ke Timbuktu." Kota ini mendapatkan reputasinya ketika ada perjalanan antara Afrika Barat dan Mediterania. Di sini, Anda bisa membeli emas, budak, dan garam dari selatan. Biasanya juga ada rombongan unta yang datang dan berlindung dari panas dan badai Gurun Sahara. Timbuktu memang tidak bisa dicapai dengan cara mudah, bahkan hingga saat ini.


9. Avalon, Inggris

Raja Arthur pernah tinggal di Avalon, beristirahat dari kehidupannya sebagai ksatria, penyihir, dan pelindung, meja bundar, dan pedang ajaib. Sebagai raja Inggris di masa depan, konon dikatakan bahwa dia akan kembali untuk mengambil Excalibur dan cawan suci untuk menyatukan Inggris ketika sangat diperlukan. Banyak orang yang tertarik dengan mitosnya dan memutuskan datang ke sana untuk membeli kristal, berkonsultasi dengan paranormal, atau hanya berlibur.


10. Shambala, Tibet

Kerajaan Shambala tersembunyi di bukit tinggi Himalaya yang tertutup salju. Kerajaan yang dsebut sebagai "Tanah Murni" yang memberikan pencerahan dan hanya bisa dicapai oleh orang-orang yang tidak terikat karma dan menjadi Buddha. Banyak penjelajah yang berusaha menemukan kerajaan ini, namun belum ada yang menemukannya hingga saat ini. Kerajaan ini bahkan pernah muncul pada novel "Lost Horizon" karya James Hilton. Para penjelajah yang tidak puas karena tak menemukan Shambala kemudian menemukan kota Zhongdian yang juga menarik, dan menamakannya Shangri-la pada tahun 2001.

Itulah tempat-tempat yang sudah melegenda di dunia. Bisa jadi tempat-tempat itu memang mengandung banyak misteri, atau tidak sama sekali. Bagaimana, tertarik untuk menjelajah kota-kota ini?

[kun]


Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Situs kencan ini pakai tes DNA untuk temukan kecocokan pasangan
  • Penembak jitu disiapkan untuk amankan jalur mudik di Riau
  • Ekonom yakin Jokowi-JK bakal kurangi anggaran subsidi BBM
  • Jembatan Comal ambles, Kapolri siapkan jembatan darurat
  • Bank Mandiri beri utang Rp 1,4 T pada proyek tol JORR W2
  • PMI donasikan Rp 1 miliar untuk Gaza
  • PDIP janji jika Jokowi-JK menang, tak ada perayaan berlebihan
  • Asal-usul mudik di tanah Betawi
  • Saksi Prabowo-Hatta hadir, rekapitulasi suara di KPU dilanjutkan
  • 4 Cara kulit beritahukan kondisi kesehatan tubuh
  • SHOW MORE