Tips Jitu Dapat Pekerjaan Meski Tanpa Pengalaman

Kamis, 25 Juli 2019 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Tips Jitu Dapat Pekerjaan Meski Tanpa Pengalaman Ilustrasi mencari kerja. ©shutterstock.com/Luna Vandoorne

Merdeka.com - Apa yang dicari perusahaan selain kualifikasi untuk pekerjaan tanpa pengalaman? Sebenarnya, perusahaan hanya ingin melihat apakah Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk posisi tersebut dan apakah pengalaman Anda cocok atau tidak untuk posisi tersebut.

Mereka sudah mengetahui kualifikasi akademik kamu dan kurangnya pengalaman Anda sebelum mereka meminta Anda untuk wawancara. Jadi, apa cara terbaik untuk menonjolkan pengetahuan dan keterampilan Anda kepada perusahaan?

Cara terbaik adalah melalui surat lamaran dan resume. Dua dokumen ini berfungsi sebagai kesan pertama kamu dengan mereka. Kedua dokumen ini memberikan Anda kesempatan untuk memasarkan diri dan menceritakan kisah Anda.

Anda harus menggunakannya untuk membuat mereka terkesan dengan menonjolkan soft skill Anda dengan contoh spesifik dan pencapaian terkait lainnya yang berada di luar bidang akademik. Fokus pada soft skill utama seperti komunikasi, kepemimpinan, penyelesaian masalah, resolusi konflik dan kerja tim.

Tulis dengan penuh keyakinan sehingga dapat meyakinkan mereka bahwa Anda layak diinvestasikan dan yang paling cocok untuk perusahaan meskipun Anda bukan pencari kerja yang berpengalaman.

Tak hanya itu, 5 tips ini juga bisa dilakukan untuk mendapat pekerjaan meski tanpa pengalaman, dikutip Jobstreet.

Buat resume menarik

Sebaiknya, Anda menghindari pikiran bahwa tidak memiliki pengalaman kerja akan menghalangi mendapatkan pekerjaan, terutama ketika ada tools yang ampuh yang dapat memberikan keuntungan yang Anda butuhkan, yakni resume yang menarik.

Perhatikan persyaratan untuk posisi tersebut sehingga Anda dapat menonjolkan contoh spesifik tentang bagaimana Anda memanfaatkan skill atau kemampuan yang diperlukan untuk posisi tersebut.

Berorientasi pada hasil dan jujur dalam resumemu. Berikan hasil spesifik dari kegiatan yang Anda pimpin atau lakukan, seperti meningkatkan lebih dari 300 persen hasil penggalangan dana untuk amal. Ingatlah untuk tidak memalsukan pengalaman atau membesar-besarkan kemampuan Anda.

Berkreasilah dengan layout agar terlihat lebih unik. Perusahaan menyukai resume yang kreatif dan informatif. Terakhir, jangan lupa cover letter yang bagus. Cover letter adalah kesempatan pertama untuk membuat kepribadian Anda bersinar. Pastikan untuk membuatnya di satu halaman dan gunakan untuk menunjukkan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan ini meskipun Anda tidak memiliki pengalaman kerja.

Melamar pekerjaan entry-level tanpa pengalaman

Anda dapat melamar pekerjaan di berbagai industri yang mencari kandidat yang dapat mereka latih untuk pekerjaan khusus yang mereka tawarkan. Untuk posisi ini, perusahaan bersedia melatih Anda dari awal sehingga tidak diperlukan pengalaman kerja.

Anda dapat memulai pencarian dengan posisi industri, seperti staf restoran cepat saji, sales, staf layanan pelanggan, Home-care aids, Agen properti, Asisten PR, dan Pemandu wisata.

Mendaftar untuk magang

Magang adalah kunci untuk membangun pengalaman dan harus dipertimbangkan ketika Anda belum mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman. Perusahaan lebih cenderung mempekerjakan seseorang dengan pengalaman magang daripada seseorang dengan resume umum yang tidak memiliki pengalaman kerja. Mereka juga cenderung mempromosikan pekerja magang mereka sebelumnya atau yang sekarang menjadi karyawan karena mereka telah menjalani pelatihan.

Menjadi Sukarelawan di LSM

Anda bisa menyumbangkan waktu melalui berbagai proyek dengan organisasi non-profit. Menjadi sukarelawan adalah cara positif untuk mendapatkan pengalaman dan mengasah keterampilan interpersonal Anda sebagai pencari kerja yang tidak berpengalaman.

Kembangkan jaringan

Karena Anda tidak memiliki pengalaman kerja, kamu harus bergabung dengan acara networking untuk bertemu dengan orang-orang dalam industri yang ingin Anda masuki. Acara networking adalah cara yang baik untuk mendapatkan kontak dan informasi berharga yang mungkin berguna untuk pencarian pekerjaan Anda di masa depan.

Ketika Anda menghabiskan waktu untuk memelihara hubungan yang tulus dengan orang-orang, Anda dapat memenangkan mereka dengan kejujuran, antusiasme, dan etika pribadi. Orang yang Anda temui di acara networking suatu hari nanti bisa jadi orang yang merekomendasikan Anda pada pekerjaan impian. [azz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Keuangan
  3. Pekerjaan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini