Tingkatkan SDM, Pemerintah Bakal Batasi Jumlah Pekerja Asing di RI

Selasa, 11 Juni 2019 16:55 Reporter : Merdeka
Tingkatkan SDM, Pemerintah Bakal Batasi Jumlah Pekerja Asing di RI Sri Mulyani. ©Instagram Sri Mulyani

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Indonesia memiliki jumlah penduduk usia muda yang besar. Dengan keuntungan ini, peningkatan keahlian keterampilan bagi generasi muda perlu dilakukan guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

"Pendidikan vokasi, pelatihan, sistem magang, serta perbaikan sistem pendidikan sangat diperlukan," tuturnya saat Rapat Paripurna di Gedung DPR, Selasa (11/6).

Oleh sebab itu, pemerintah akan bekerjasama dengan dunia usaha untuk memperbaiki kualitas dan produktivitas tenaga kerja Indonesia. Hal itu dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan kegiatan penanaman modal baik domestik maupun asing

Sri Mulyani menekankan, meski disokong oleh modal asing, pemerintah akan tetap membatasi tenaga kerja asing yang masuk, yakni hanya pada profesi yang membutuhkan keahlian saja (skilled jobs).

"Penyerapan teknologi melalui proses produksi dan pengetahuan yang dibawa oleh penanaman modal asing (PMA), sejalan dengan pandangan Fraksi Gerindra untuk membatasi tenaga kerja asing hanya untuk profesi yang membutuhkan keahlian," ujarnya.

"Pemerintah juga sependapat dengan Fraksi Gerindra bahwa untuk mencapai angka pertumbuhan yang tinggi dan berkualitas dibutuhkan upaya extra keras dan sinergi lintas sektoral dari semua komponen bangsa, baik eksekutif maupun legislatif," tegasnya.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini