Terima Merdeka Award 2022, Pemprov Jabar Target Bawa UMKM RI Mendunia

Kamis, 30 Juni 2022 20:00 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Terima Merdeka Award 2022, Pemprov Jabar Target Bawa UMKM RI Mendunia Merdeka Award 2022 Program Pemberdayaan UMKM Provinsi Jawa Barat. ©2022 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemda Jabar) memenangkan penghargaan Merdeka Award 2022 kategori Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ajang penghargaan tahunan tersebut digagas oleh Merdeka.com, media online Kapan Lagi Youniverse (KLY).

Mewakili Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Plt. Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Barat, Yuke Mauliani Septina menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Gedung Paviliun Smesco, Jakarta.

Yuke menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Merdeka.com. Dia pun berharap, penghargaan tersebut bisa memotivasi 4,6 juta UMKM di Jabar untuk meningkatkan kualitas produk dan jumlah produksi. Dengan menambah jumlah produksi, tentunya diharapkan UMKM di Jabar bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja. Diketahui, hampir 90 persen aktivitas ekonomi Jabar disokong oleh UMKM. UMKM tersebut berperan penting dalam meningkatkan perekonomian di Jabar.

Yuke juga berharap, penghargaan tersebut bisa memotivasi para pelaku UMKM dalam meningkatkan jumlah produk yang diekspor ke luar negeri. "Semoga dengan penghargaan ini, UMKM di Jabar naik kelas, semakin berdaya guna, berdaya saing, dan bermanfaat bagi masyarakat Jabar," kata Yuke dalam acara Merdeka Award digelar di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta dengan tema "Inspirasi Indonesia", Kamis (30/6).

Diketahui, pada awal 2022, Pemprov Jawa Barat meluncurkan Program Pendanaan Online atau Panon Jabar. Panon Jabar merupakan kolaborasi antara Pemprov Jabar dengan sejumlah lembaga fintech lending dan lembaga.

Program tersebut mewujudkan ekosistem digital dan membuka peluang bagi UMKM, maupun koperasi untuk mengikuti pengadaan barang dan jasa. Program tersebut memudahkan para UMKM untuk mengajukan pendanaan.

"Jadi tadi disampaikan, ada beberapa kriteria pendampingan untuk pendanaan. Salah satunya (produk) yang memang menjadi unggulan provinsi Jawa Barat," ujar Yuke.

Seperti yang diketahui, Merdeka Award merupakan apresiasi yang diberikan kepada para inspirator yang bergerak atas nama kemajuan negeri. Penghargaan diberikan bukan hanya kepada sosok masyarakat insipiratif, namun kepada pemerintah daerah maupun perusahaan yang membantu masyarakat dalam memulihkan perekonomian mereka.

Pada tahun 2022 ini, Merdeka Award memberikan lima kategori penghargaan. Kelima kategori itu adalah Program Inovasi untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Program Inovasi Digital, Program Pembedayaan UMKM, dan Program Sosok Inspiratif untuk Negeri.

Adapun sejumlah program Pemprov Jabar yang menjadi pertimbangan pemberian penghargaan Merdeka Award 2022, antara lain:

- Program Pendanaan Online atau Panon Jabar

Program untuk pendanaan bagi UMKM sekaligus peluang UMKM mengikuti pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemda Provinsi Jabar

- Program Kredit BJB Mesra (kerjasama Bank Jabar Banten dan Pemprov Jabar)

Pinjaman bagi pelaku UMKM

- Promosi Belanja Adalah Bela Negara

Jasa desain produk dan promosi melalui media sosial Gubernur Jawa Barat

- Toko online dan offline "Blanjakeun"

Pemasaran khusus produk UMKM

- Promosi offline di berbagai pameran dalam dan luar negeri

- UMKM Juara

- Kampus UMKM Shopee (kerjasama dengan marketplace)

- Program ICALAN (Inovasi Cara Penjualan)

- Marketplace untuk UMKM bernama borongdong.id.

- Aplikasi Disentra

Kerjasama BJB dan Pemprov Jabar untuk kewirausahaan guru dan siswa SMK

- Aplikasi Lapak Abah (kerjasama Pemprov Jabar-Yayasan Dewa Dewi -Pemkab Purwakarta)

Marketplace khusus menjual produk UMKM

- Aplikasi Ojek Desa (kerjasama Pemprov Jabar-Yayasan Dewa Dewi -Pemkab Purwakarta)

Aplikasi digital untuk mendistribusikan hasil tani

- Program Beli Bali

Kerja sama UMKM Jabar dan Bali

- One Pesantren One Product (OPOP)

Pengembangan UMKM berbasis pesantren dan masyarakat sekitar

- Produk SAGARAYASA

Kolaborasi Pemprov Jabar - BI dan UMKM mengusung konsep green economy

- Online Single Submission (OSS)

UMKM dipermudah mendapatkan Nomor Induk Berusaha atau NIB

- Sertifikasi Halal bagi produk UMKM

- Penerbitan SNI untuk UMKM (kolaborasi Pemprov Jabar dan BSN)

Pelaku UMKM dapat berdaya saing di pasar domestik maupun global

Merdeka Award 2022 dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin dan Managing Director EMTEK, Sutanto Hartono, yang hadir secara virtual. Sementara itu, hadir secara langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu.

[bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini