Tengah Kelebihan Pasokan, RI Siap Sasar Pasar Ekspor Ayam Singapura

Sabtu, 25 Juni 2022 16:00 Reporter : Sulaeman
Tengah Kelebihan Pasokan, RI Siap Sasar Pasar Ekspor Ayam Singapura Mendag Zulkifli Hasan blusukan di Pasar Cibubur. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan mendukung langkah industri perunggasan untuk melakukan ekspor ayam ke Singapura. Mengingat, saat ini, komoditas pangan tinggi protein tersebut dalam posisi kelebihan pasokan atau oversupply.

"Kita pada posisi oversupply, kenapa tidak dimanfaatkan," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan, di Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6).

Selain itu, Oke menilai harga ayam di Singapura cukup kompetitif. Mengingat, negara tetangga Indonesia tersebut tengah kekurangan pasokan ayam setelah Malaysia menghentikan ekspor untuk sementara waktu.

"Intinya Singapura sekarang sedang kesulitan akibat kebijakan larangan ekspor dari Malaysia," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Rebut Pasar Malaysia, Indonesia Bakal Ekspor Ayam ke Singapura

malaysia indonesia bakal ekspor ayam ke singapura

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan Indonesia akan melakukan ekspor ayam ke Singapura. Lantaran, Malaysia yang menjadi eksportir ayam ke Singapura akan diberhentikan bulan Juni ini.

"Kami diskusi rencana kita mendorong ekspor chicken ke Singapura ini masih awal sekali, dan nanti ada hubungannya dengan krisis global ini. Ekspor ke Singapura untuk ayam akan distop bulan ini, sehingga singapura sangat membutuhkan," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso Media Briefing Global Crisis Response Group (GCRG), di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (10/6).

Menurut Susiwijono, ditutupnya pintu ekspor ayam dari Malaysia ke Singapura menjadi peluang besar bagi Indonesia. Pasalnya, di Indonesia sering mengalami over supply atau kelebihan pasokan ayam dalam negeri.

"Ini sangat menarik. Urusan ayam ini kan kita sering mendengar oversupply sehingga sekian juta ayam yang kita punya tiap hari. Sekarang singapura butuh sekali," ujarnya.

Kendati begitu, untuk peraturannya masih perlu dibahas lebih lanjut terkait rencana ekspor ayam ke Singapura. Oleh karena itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tengah membahas rencana tersebut lantaran ada hubungannya dengan krisis global.

[bim]

Baca juga:
BI Optimis Neraca Pembayaran Surplus di Kuartal II-2022
Pemerintah Larang Ekspor Bahan Mentah, PT Timah Optimalkan Anak Usaha
Dunia Dihantui Krisis Pangan, ini Strategi Pemerintah Amankan Ketersediaan Makanan
Jokowi Cerita 5 Presiden Telepon Memohon Dikirim Batu Bara dari Indonesia
Tak Perlu Buka Keran Impor, Mendag Pastikan Stok Kebutuhan Pangan Aman
Hasil Persetujuan IK-CEPA, 11.000 Produk Indonesia Bebas Bea Masuk ke Korea Selatan
Industri Cangkang Sawit Dinilai Punya Prospek Besar Bagi Indonesia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini