Tarif Listrik Naik, BPS Proyeksi Inflasi Juli Berpotensi Meningkat

Jumat, 1 Juli 2022 09:50 Reporter : Merdeka
Tarif Listrik Naik, BPS Proyeksi Inflasi Juli Berpotensi Meningkat Meteran listrik warga Matraman. ©2020 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Tarif listrik untuk 5 golongan pelanggan akhirnya mulai mengalami kenaikan per 1 Juli 2022 ini. Lonjakan tarif tersebut dipercaya bakal turut mendongkrak angka inflasi pada bulan ini.

"Pemerintah di Juli ini akan menaikan tarif listrik. Juga ini ke depan mempunyai potensi untuk memacu inflasi di Juli. Besarnya nanti akan kita lihat di rilis bulan depan," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam sesi teleconference, Jumat (1/7).

Sebagai catatan, angka inflasi per Juni 2022 juga terus terpacu akibat kondisi perkembangan global dan cuaca yang terjadi di bulan lalu.

BPS mencatat, tingkat inflasi pada Juni 2022 secara bulanan (month to month) sebesar 0,61 persen, atau terjadi peningkatan indeks harga konsumen (IHK) dari 110,42 di Mei 2022 menjadi 111,09.

"Sedangkan tingkat inflasi pada tahun kalender menjadi 3,19 persen, dan inflasi tahun ke tahun pada bulan Juni mencapai 4,35 persen," terang Margo.

2 dari 2 halaman

Penyumbang Inflasi

tarif listrik naik, bps proyeksi inflasi juli berpotensi meningkat

Sementara bila dilihat dari penyumbang inflasinya, pada Juni ini berasal dari komoditas cabai merah, cabai rawit bawang merah dan telur ayam ras.

"Inflasi kita secara year on year sebesar 4,35 persen, ini inflasi tertinggi sejak Juni 2017. Di mana pada saat itu inflasi kita sebesar 4,37 persen," ujar Margo.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Tertinggi dalam 5 Tahun, Inflasi Juni 2022 Capai 4,35 Persen
Biaya Hidup Kian Meningkat, Malaysia Kobarkan Jihad Melawan Inflasi
Bank Indonesia Prediksi Inflasi Melonjak di Atas 4 Persen Pada 2022
Tangkal Resesi, Bank Indonesia Diminta Naikkan Suku Bunga Acuan
Gara-Gara Harga Cabai Mahal, BI Prediksi Inflasi Juni Capai 0,5 Persen
Biaya Hidup Melonjak karena Inflasi, Warga Inggris Beralih ke Kripto dan Judi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini