Tak Seperti 1998, Demo dan Kerusuhan Papua Tak Berdampak pada Perbankan

Selasa, 24 September 2019 12:46 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Tak Seperti 1998, Demo dan Kerusuhan Papua Tak Berdampak pada Perbankan Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Kondisi politik dan keamanan di Tanah Air kini tengah menjadi sorotan. Banyak aksi menolak beberapa kebijakan seperti RUU KPK, RUU KUHP hingga kerusuhan di Papua yang tak kunjung usai.

Namun, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menilai kisruh nasional yang kini tengah terjadi di Indonesia tidak akan mempengaruhi investasi dan simpanan di perbankan.

Kepala Eksekutif LPS, Fauzi Ichsan menjelaskan ada beberapa hal yang dapat mengganggu stabilitas simpanan di perbankan.

"Kalau kita bicara simpanan sangat bergantung dengan suku bunga, pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan aliran modal dari luar negeri," kata dia saat ditemui di kantornya, Selasa (24/9).

Berkaca pada pengalaman, kisruh nasional bisa saja dapat berpengaruh pada iklim investasi hingga simpanan di perbankan. Namun aksi tersebut yang berskala besar seperti kerusuhan pada 1998 silam. Sementara aksi saat ini dinilai masih jauh dari kondisi tersebut.

"Kan ini masih jauh dibanding kerusuhan 1998," ujarnya

Selain itu, dia menegaskan dinamika dalam dunia politik merupakan hal yang lumrah terjadi. Tak hanya di Indonesia, hal-hal serupa kerap terjadi juga di negara lainnya. Selama tidak menjelma menjadi sebuah kerusuhan, hal itu tidak akan membawa dampak buruk terhadap perekonomian.

"Jadi, dinamika politik biasa, bukan di Indonesia saja. Yang penting gak kerusuhan seperti 98," katanya.

Baca Selanjutnya: Kerusuhan Papua Telan Korban Jiwa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini