Sukses Berinvestasi Emas, Begini Tips Terbaiknya!

Jumat, 4 Oktober 2019 08:05 Reporter : Iwan Tantomi
Sukses Berinvestasi Emas, Begini Tips Terbaiknya! © Shutterstock

Merdeka.com - Kapanpun mau memulainya, investasi akan selalu berdampak positif, khususnya bagi masa depan, asal tepat prosesnya. Salah satu produk investasi yang bisa dicoba adalah emas. Bahkan, praktik investasi emas ini sudah dipraktekkan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia, terutama ibu-ibu. Investasi emas pun tepat dipilih bagi pemula.

Menariknya investasi emas ini tak melulu dilakukan secara konvensional dengan menyimpan emas fisik, tetapi juga bisa dalam bentuk tabungan emas. Supaya investasi emas yang dijalankan tepat dan menguntungkan, berikut tips terbaik yang bisa dicoba.

Tentukan Tujuan Utama Berinvestasi

Tujuan utama berinvestasi tentu mencari keuntungan, begitu pula dengan investasi emas yang dilakukan. Pastikan untuk apa tujuan berinvestasi emas. Misalnya, untuk pergi haji, beli rumah, kendaraan dan sebagainya. Setelah tujuan tersebut ditentukan, langkah berikutnya adalah konsisten membeli emas. Semakin lama durasi investasinya, semakin besar pula keuntungan yang didapatkan, terlebih harga emas cenderung naik.

Pantau Harga Emas

Harga emas hari ini, belum tentu sama dengan hari kemarin atau besok. Di sinilah pentingnya memantau harga emas secara jeli dan tidak tergesa-gesa membelinya. Selain lewat website, harga emas juga bisa dicek lewat beragam aplikasi online. Apabila harganya sedang turun, di sinilah waktu terbaik untuk mulai berinvestasi emas. Sebaliknya, jika harga sedang naik, tunda dulu untuk membelinya.

Pilih Emas yang Bakal Dibeli

Ada bermacam jenis emas yang bisa dipilih untuk dijadikan produk investasi. Hal terpenting sesuaikan dengan daya beli dan berapa lama durasi investasi emas yang bakal Anda lakukan. Ketahui harga emas per gramnya berapa, ambil pembulatan. Misalnya, Rp500 ribu per gram. Jika sudah tentukan berapa emas yang akan Anda beli setiap bulannya. Sebut saja 5 gram. Maka dalam sebulan, Anda perlu konsisten setidaknya menyiapkan uang Rp2,5 juta untuk membeli emas. Semisal durasinya Anda patok selama 10 tahun atau 120 bulan, maka dalam kurun waktu tersebut, Anda bakal mendapatkan dana sebesar Rp300 juta.

Cek Kondisi Emas

Teliti membeli emas ini juga perlu diterapkan untuk memeriksa keasliannya. Emas murni biasaya disertai cap yang menandakan kadar emas. Kemudian, warna emas murni tidak pudar saat digosok. Bukan itu saja, semakin tinggi kadar kemurnian emas, makan semakin lembut teksturnya, sehingga jika digigit biasanya akan menimbulkan bekas gigitan. Selain itu, emas tidak bisa bisa ditarik menggunakan magnet. Jika masih ragu, ajak saja ahlinya, sehingga bisa menghindari penipuan.

Tinggal sekarang tentukan tempat pembelian emas yang aman dan nyaman. Bahkan semisal tak punya banyak waktu, Anda bisa tetap berinvestasi emas lewat aplikasi yang mudah diakses via smartphone. #MulaiAjaDulu dari Tokopedia, segala kebutuhan investasi dapat terpenuhi, termasuk investasi emas dalam satu aplikasi. Hal ini sebagai bukti jika Tokopedia bukan saja sebagai aplikasi jual beli terpercaya, tetapi juga memberikan kemudahan dalam beragam hal bagi masyarakat Indonesia. [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini