Sudah 5 Tahun, Program Tol Laut Jokowi Belum Buat Harga Pangan Lebih Murah

Kamis, 10 Oktober 2019 09:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Sudah 5 Tahun, Program Tol Laut Jokowi Belum Buat Harga Pangan Lebih Murah Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah memasuki tahun kelima atau terakhir di era kepemimpinannya. Namun demikian, masih ada beberapa program Jokowi yang belum berjalan optimal. Salah satunya yaitu tol laut.

Di awal pemerintahan, Jokowi mencanangkan pembuatan tol laut atau konsep pengangkutan logistik kelautan yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar di Tanah Air. Konsep ini dijanjikan akan menciptakan kelancaran distribusi hingga pelosok. Selain itu, konsep ini juga membuat pemerataan harga logistik di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengaku optimis proyek tol laut yang dikerjakan Pemerintah akan dapat menekan perbedaan harga di antara wilayah Indonesia.

"Saya tidak tahu bisa menekan 50 persen atau berapa tapi diharapkan harganya tidak jauh berbeda dengan Jakarta dan Jawa," jelasnya.

Dia mengakui bahwa memang ada beberapa catatan dalam implementasi proyek tol laut. Salah satunya terkait pemberian diskon atau subsidi kepada pengangkutnya.

"Masih sana sini ada yang perlu diperbaiki. Karena misalnya gini kasih discount atau subsidi kepada pengangkutannya, tapi di sana masih di monopoli satu orang sehingga dia nentukan harga. Kita gak mau harus ada kompetitif. Sehingga harganya bisa ditekan," tandasnya.

Namun demikian, keberadaan tol laut belum efektif menekan harga pangan hingga saat ini.

Baca Selanjutnya: Menteri Susi Sebut Tol Laut...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini