Strategi Menhub urai kemacetan di pintu Tol Brebes saat mudik 2017

Sabtu, 15 April 2017 14:09 Reporter : Syifa Hanifah
Strategi Menhub urai kemacetan di pintu Tol Brebes saat mudik 2017 gerbang tol cipali padat. ©2015 merdeka.com/bram salam

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan menyiapkan strategi khusus untuk mengurai kemacetan pintu keluar tol Brebes Timur atau yang disebut Brexit saat mudik Lebaran 2017 mendatang. Persiapan ini sengaja dilakukan dari jauh-jauh hari agar tragedi Brexit yang menimbulkan korban jiwa pada arus mudik tahun lalu tidak terulang.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan akan membuat tim manajemen secara khusus untuk menghindari kemacetan parah.

"Pertama kali komando memang ada di Perhubungan. Tapi komandan operasional itu ada di tanggung oleh kepolisian. Sehingga dari Kapolri, Kapolda, Kapolres, Kapolsek itu jalan semuanya. Sudah kita setujui," kata Menhub, di Terminal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kemarin.

Kemudian untuk tol Cipali yang merupakan pintu masuk dari kendaraan dari arah Jakarta menuju Tol Pejagan-Brebes Timur, menurutnya tidak boleh kelebihan kapasitas. Namun jika memang sudah terjadi kemacetan parah maka akan dilakukan pengalihan jalan.

"Cipali bukan segalanya. Kita punya jalur utara, selatan. Ada udara. Jadi jangan kita komposisi secara berlebihan," ujarnya.

Kemudian, langkah terakhir yakni dengan menutup pintu-pintu masuk tol jika sudah terjadi antrean yang panjang atau melebihi 2 Km di Tol Cipali.

"Jadi intinya kita menakar atau membebani baik itu tol Cipali sesuai dengan kapasitasnya. Harapannya selain itu kita siapkan kesehatan, bensin, itu kita persiapkan." [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini