Sri Mulyani Ingatkan Agar Proyek KPBU SPAM Jatiluhur I Tak Dikorupsi

Jumat, 19 Februari 2021 16:45 Reporter : Merdeka
Sri Mulyani Ingatkan Agar Proyek KPBU SPAM Jatiluhur I Tak Dikorupsi Menkeu Sri Mulyani. ©Biro KLI Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati terus memantau pelaksanaan proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), seperti pada proyek SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Regional Jatiluhur I yang telah ditandatangani pada Jumat, 19 Februari 2021.

Sri Mulyani mengatakan, proyek SPAM merupakan salah satu ikhtiar proyek infrastruktur yang sangat penting dan prioritas untuk kebutuhan masyarakat. Dia pun yakin, benefit yang akan didapat setelah proyek selesai bakal jauh lebih besar dari ongkos pembangunannya.

"Kalau dilihat dari manfaat sosial dan ekonominya ini jelas luar biasa sangat besar. Dihitung internal rate of return versus economic and social rate of return pasti jauh lebih tinggi dari biaya proyek yang dikeluarkan," kata Sri Mulyani, Jumat (19/2).

Dengan catatan, dia menegaskan, pelaksanaan proyek SPAM ini bisa dijaga tata kelolanya, disiplin pengerjaannya, terutama bebas dari tindak korupsi.

"Apalagi biaya proyek yang tadi telah dilaporkan bisa dijaga tata kelolanya, bisa dijaga disiplinnya, tidak ada korupsi pasti saya sangat yakin bahwa biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil dibandingkan manfaatnya bagi masyarakat," tuturnya.

Sehingga jika berbicara pengeluaran pembiayaan dari proyek SPAM ini, Sri Mulyani menambahkan, pemerintah tidak ada yang mempertanyakan bahwa itu visibel atau tidak. "Bahkan kalau dibiayai dengan utang, karena kita memahami bahwa benefitnya sangat besar," tegas Sri Mulyani.

"Tapi tentu kita juga tahu bahwa tata kelola di dalam merencanakan, melaksanakan dan menyelesaikan proyek ini sangat-sangat penting, sehingga tidak terjadi lagi mark up dan tidak terjadi delay atau penundaan," imbuhnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sri Mulyani Indrawati
  3. Kemenkeu
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini