Simak Tips Ampuh Memulai Bisnis Kedai Kopi di 2020

Kamis, 30 Januari 2020 22:30 Reporter : Merdeka
Simak Tips Ampuh Memulai Bisnis Kedai Kopi di 2020 Ilustrasi kedai kopi. ©2015 Merdeka.com/Qraved

Merdeka.com - Kopi saat ini menjadi minuman yang digemari banyak orang. Menyeimbangi gaya hidup masyarakat, khususnya Indonesia, kini marak pebisnis yang mulai fokus dan ikut serta membesarkan industri kopi.

Chairman of Executive Board Scopi, Irvan Helmi, menyebutkan ada tips yang bisa dilakukan pemula ingin menjajaki bisnis di industri kopi. Diantaranya pastikan bahwa buka usaha kopi didasari oleh passion dan Anda bisa membaca prediksi pasar.

"Jangan buka usaha karena ikut-ikutan. Baca peluang market, jangan karena tetangga buka menu (kopi) ini, eh Anda buka (usaha) juga, tahu-tahunya usaha kamu tidak laku," ujarnya dalam diskusi kopi yang diselenggarakan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI), di Jakarta, Kamis (30/1).

Irvan menilai, pada umumnya industri kopi tidak akan lama bertahan jika berdasarkan ikut-ikutan. Kemudian dia juga menilai pentingnya menganalisa sebelum memulai usaha. "Sekecil apapun analisa yang dilakukan, baik analisa kebutuhan, harga dan lain-lain, itu perlu dilakukan."

Kedua, Irvan menyarankan bagi pemula yang ingin membangun bisnis kopi untuk dapat memiliki kreativitas. "Berevolusi dan berkreativitas. Jangan stuck di satu menu, misalnya hanya menu kopi hitam saja, namun buat varian menu lain."

Selanjutnya, pemula juga disarankan untuk banyak mempelajari ilmu kopi. Irvan menyarankan itu karena dalam dunia kopi, menurutnya, itu tidak ada habisnya karena banyak yang semakin berkreasi dalam cita rasa kopi. "Belajar tentang pendistribusiannya, roasting kopi, cara membuat (kopi tentang) ini dan itu, serta banyak hal yang perlu dipelajari," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Tren Kopi 2020 Tetap Meningkat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini