Simak 5 Pekerjaan Paling Dicari Tahun Ini

Senin, 17 Januari 2022 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Simak 5 Pekerjaan Paling Dicari Tahun Ini Ilustrasi bekerja. ©Shutterstock.com/ Pressmaster

Merdeka.com - Indonesia telah menghadapi pandemi covid-19 selama 2 tahun. Pandemi ini tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan saja, tetapi juga semua aspek hidup kita, termasuk karier.

Walaupun saat ini masyarakat sudah bisa beradaptasi dengan kondisi ini, namun sudah banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan atau harus beralih profesi karena dilanda pandemi.

Namun, ini bukan berarti peluang kerja yang kamu miliki semakin sedikit. COVID-19 telah mengubah peta permintaan tenaga kerja mengingat beberapa sektor industri terdampak dan harus beradaptasi cepat.

Banyak pula industri yang sudah bisa bergerak kembali dan sudah memiliki sistem kerja yang baru. Dengan adanya sistem baru ini, perusahaan, dan instansi tentu membutuhkan tenaga kerja baru.

Berikut 5 pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun ini, dikutip JobStreet.

2 dari 6 halaman

Tenaga Pendidikan

Tenaga kependidikan menjadi salah satu industri di 2022 yang memiliki permintaan tinggi. Tidak hanya itu, ternyata jenjang karier menjadi guru juga menjanjikan. Tenaga pendidikan yang paling dicari akhir-akhir ini adalah tutor, instruktur, dosen, dan lain-lain.

Namun, tentunya bekerja menjadi tenaga kependidikan bukanlah hal yang mudah. Seorang tenaga pendidik pasti akan dihadapkan dengan berbagai tantangan, contohnya seperti di masa pandemi, cara mengajar konvensional dengan tatap muka sudah sulit untuk dilakukan.

Proses pembelajaran mungkin menjadi kurang optimal karena materi yang disampaikan tidak bisa dilakukan secara tatap muka dan praktik. Maka dari itu, tenaga kependidikan sekarang dituntut untuk mencari cara unik dan kreatif lainnya untuk menyampaikan pembelajaran yang efektif termasuk lewat mengajar online.

Sebagai seorang tenaga kependidikan, Anda dapat membuat video yang unik, menggunakan berbagai website untuk variasi pembelajaran, menggunakan platform video conference, dan lain-lain. Tidak menutup kemungkinan, gaya pembelajaran seperti ini akan dipertahankan di masa yang akan datang.

Menambah skill dalam bidang komputer dapat menjadi nilai plus untuk kalian yang ingin terjun ke dunia pendidikan. Rentang gaji yang bisa Anda dapatkan jika menjadi tenaga kependidikan mulai dari Rp5.600.000 hingga Rp8.000.000 per bulan.

3 dari 6 halaman

Sales

Sales adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan aktivitas penjualan barang atau jasa. Biasanya, setiap perusahaan memiliki tim terpisah yang bertanggung jawab atas penjualan. Staf bagian penjualan, atau salesman/ saleswoman, merupakan orang-orang yang menjadi ujung tombak transaksi jual-beli barang atau jasa produksi perusahaan.

Seorang sales akan menawarkan dan menyarankan barang atau jasa perusahaan tempatnya bekerja. Selain itu, seorang sales juga akan mendemonstrasikan cara menggunakan produk untuk calon pembeli. Karenanya, penting untuk seorang sales untuk mempunyai pengetahuan produk atau jasa yang akan mereka jual.

Memiliki serangkaian soft skills seperti mahir berkomunikasi, pandai bernegosiasi, dan bisa menggunakan bahasa asing dapat menjadi nilai tambahan untuk kamu yang berminat untuk menjadi seorang sales. Kisaran gaji seorang sales beragam, mulai dari Rp5.720.000,00 hingga Rp9.000.000,00.

Posisi yang sedang dicari-cari oleh sebuah perusahaan adalah assistant sales manager, sales engineer, sales junior, dan sales executive. Pastikan Anda telah membaca mengenai jenjang karier sales jika Anda berminat untuk menekuni pekerjaan ini.

4 dari 6 halaman

Digital Marketer

Dengan berkembang pesatnya teknologi, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat untuk melakukan hampir seluruh aktivitasnya secara digital. Dengan maraknya penggunaan media sosial, platform ini perlahan-lahan menjadi wadah untuk memasarkan produk serta meningkatkan brand awareness sebuah perusahaan.

Ketika sebuah perusahaan mencoba memasuki dunia media sosial, pendekatan yang mereka lakukan akan berbeda dengan pendekatan yang biasanya. Di sinilah peran digital marketer dalam membantu pemasaran sebuah perusahaan. Perusahaan membutuhkan orang yang sudah familiar dengan lingkungan media sosial dan selalu update dengan apa yang terjadi di media sosial.

Untuk Anda yang suka bermain media sosial, industri ini sangat cocok untukmu. Industri ini menawarkan berbagai macam posisi seperti menjadi social media admin, content creator, social media strategist, digital marketing specialist dan lain-lain. Rentang gaji yang bisa Anda dapatkan dalam industri ini dimulai dari Rp5.600.000,00 hingga Rp8.000.000 per bulan.

5 dari 6 halaman

Food & Beverages/Restaurant Service

Industri makanan dan minuman akan selalu memiliki permintaan tenaga kerja yang tinggi dari tahun ke tahunnya. Walaupun industri ini sempat goyah di awal pandemi COVID-19, perlahan industri makanan dan minuman atau food and beverages (F&B) sudah mulai kembali dan dapat beradaptasi dengan situasi sekarang. Dengan melakukan membatasi jumlah pengunjung, menaati prokes, terjun ke dunia online dan lain-lain.

Selain itu, kita bisa lihat sendiri kini makin banyak juga kafe yang bermunculan di kota-kota. Hampir di setiap sudut kota, kita bisa menemukan kafe baru. Dapat dipastikan industri ini menyerap banyak sekali tenaga kerja.

Profesi-profesi seperti barista, waiter, chef, bartender, kasir, dan restaurant manager selalu dicari oleh pengusaha yang terjun ke industri ini. Gaji yang dapat Anda terima jika Anda terjun ke industri ini berkisar antara Rp4.700.000,00 hingga Rp6.000.000,00 per bulan.

6 dari 6 halaman

Graphic Designer dan Video Editor

Graphic designer dan video editor, yang juga sedang diminati anak muda saat ini, menjadi ujung tombak perusahaan yang ingin bersaing di dunia online. Hal ini mengingat mayoritas konten di internet berbentuk video atau foto, entah itu video promosi, video dokumentasi, infografis, poster, dan lain-lain.

Video dan foto menjadi sangat krusial di media sosial. Semakin menarik dan unik sebuah video, semakin tinggi juga kemungkinan orang menonton video tersebut. Konsep dan cerita yang bagus dari sebuah video harus diimbangi dengan proses editing video yang baik pula. Maka dari itu, tidak aneh jika sekarang permintaan terhadap video editor semaking tinggi.

Graphic designer juga tidak kalah penting dalam media sosial. Contoh, membuat konten untuk posting medsos bukanlah hal yang sepele sekarang. Apalagi, untuk sebuah perusahaan yang tentunya ingin citra mereka di media sosial terlihat rapi dan nyaman di mata.

Penggunaan dan kombinasi warna yang akan dipakai, font yang akan digunakan, dan penempatan sebuah foto juga menjadi hal yang sangat krusial di sini. Rentang gaji yang seorang graphic designer dan video editor dapatkan dimulai dari kisaran Rp6.000.000,00 hingga Rp8.000.000,00 per bulan.

[azz]

Baca juga:
Hindari 7 Hal Ini Saat Berbincang dengan Rekan Kerja
Catat, Cara Elegan Minta Naik Gaji ke Perusahaan
Teknik Cermat Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Lewat 5 Hal Ini
Ingin Menolak Tawaran Pekerjaan, Pakai Tips Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini