Sambut Pemerintahan Baru, Ini Pekerjaan Rumah Jokowi-Ma'ruf 5 Tahun ke Depan

Minggu, 20 Oktober 2019 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Sambut Pemerintahan Baru, Ini Pekerjaan Rumah Jokowi-Ma'ruf 5 Tahun ke Depan Jokowi-Maruf Amin. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepemimpinan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dimulai setelah pelantikan presiden dan wakil presiden hari ini, Minggu (20/10). Berbagai program pun telah disiapkan untuk menjadikan Indonesia lebih baik lagi.

Pada pemerintahan Jokowi sebelumnya, banyak program yang tercapai, seperti pembangunan infrastruktur, kemiskinan satu digit, BBM Satu Harga, dan pengangguran. Meski demikian, masih banyak pula program yang belum tercapai, pertumbuhan ekonomi yang menurun, proyek 35.000 MW, utang, dan Tol Laut.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah mengatakan, belum menemukan terkait catatan hitam atau kegagalan yang dialami pada pemerintahan Jokowi-JK. Hanya saja ada beberapa yang memang dianggap belum bisa dioptimalkan oleh pemerintahannya.

"Gagal menurut saya tidak punya catatan kegagalan dari Pak Jokowi. Tapi kalau kurang optimal saya masih melihat banyak. Masih banyak sekali yang kurang optimal karena sekali lagi memang tidak bisa melakukan semuanya Pak Jokowi pikiran dari awalnya membangun infrastruktur akan beres semua tapi tidak. Kita berharap dia belajar dari situ," kata Piter.

Dengan demikian, masih banyak pekerjaan rumah yang menanti di pemerintahan Jokowi selanjutnya bersama Ma'ruf Amin.

Baca Selanjutnya: Investasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini