Presiden Jokowi Perintahkan Polisi Ikut Jaga Iklim Investasi

Jumat, 3 Desember 2021 16:35 Reporter : Merdeka
Presiden Jokowi Perintahkan Polisi Ikut Jaga Iklim Investasi Jokowi di Perairan Natuna. ©2021 ANTARA FOTO/Setpres-Krishadiyanto

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, investasi akan jadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional ke depan. Pada 2022 mendatang, pemerintah target meraup investasi Rp 1.200 triliun, naik dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 900 triliun. Guna memuluskan tujuan itu, Presiden Jokowi meminta Kepolisian RI (Polri) untuk ikut menjaga iklim investasi, baik yang berada di pusat hingga ke daerah-daerah.

"Saya hanya ingin titip kepada jajaran Polri dari pusat sampai ke daerah, kawal dan jaga betul yang namanya investasi," ujar Presiden Jokowi dalam sesi pengarahan kepada Kepala Satuan Wilayah 2021 di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/12).

Dibanding belanja pemerintah atau APBN, investasi disebutnya jadi penopang utama penggerak ekonomi. Secara porsi, investasi memiliki peran kepada pertumbuhan ekonomi hingga 85 persen.

"Supaya tahu, APBN itu hanya mempengaruhi kurang lebih 18-15 persen dari pertumbuhan ekonomi yang kita miliki. Jangan keliru, artinya apa, 85 persen (adalah investasi)," terang Presiden Jokowi.

"Jadi kalau ada yang ganggu-ganggu di daerah urusan investasi, kawal dan dampingi, agar setiap investasi tuh betul-betul direalisasikan. Karena kunci penggerak ekonomi ada di situ," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Copot Kapolda Tak Bisa Jaga Investasi

tak bisa jaga investasi

Presiden Jokowi pun mengapresiasi realisasi investasi pada 2021 ini yang sudah tidak Jawa sentris lagi. Sebab, 51,7 persen investasi kini sudah menyasar luar Pulau Jawa.

Oleh karenanya, Presiden Jokowi pun meminta Polri dan Polda menjaga catatan bagus ini. Tak tanggung-tanggung, dia mengancam akan memberhentikan pimpinan polisi yang abai akan tanggung jawab ini.

"Jaga, sekali lagi, jaga yang namanya investasi. Investasi yang sudah ada, investasi yang baru berproses maupun investasi yang baru datang, jaga. Saya sudah titip juga ke Kapolri," ucapnya.

"Kapolda yang tidak bisa menjaga sama, diperingatkan, kalau memang sulit tidak bisa mengawal, tidak bisa menyelesaikan, yang berkaitan dengan agenda besar negara kita, ya maaf. Saya memang tidak bisa ngomong keras, tapi udah, tidak bisa dia, ganti," serunya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Kasus Korupsi Asabri, Kejagung Periksa Tim Saham Benny Tjokro
Bank Indonesia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2022 Capai 5,5 Persen, ini Penopangnya
Jaga Iklim Usaha & Investasi, Revisi UU Cipta Kerja Diminta Selesai Pertengahan 2022
Pengusaha: Putusan MK soal UU Cipta Kerja Tak Berpengaruh ke Iklim Usaha & Investasi
Sektor Energi Tetap jadi Satu Penopang Indonesia Emas 2045
Menteri Bahlil Pastikan Revisi UU Cipta Kerja Tak Ganggu Jalannya Investasi
Kata Menteri Bahlil Soal Ramainya Minat Investasi Baterai Mobil Listrik di RI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini