KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pindad jual kendaraan tempur sipil versi Komodo sekitar Rp 2 M

Senin, 1 Juli 2013 18:19 Reporter : Idris Rusadi Putra
Mobil tempur Komodo, Pindad. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Pindad (Persero) terus mengembangkan kendaraan tempur miliknya dengan nama Komodo. Kendaraan perang mirip Humvee ini direncanakan akan diproduksi untuk keperluan sipil. Walaupun demikian, Komodo ini telah diperkenalkan semenjak tahun lalu.

"Untuk sipil kalau ada permintaan, kita akan produksi," ucap Direktur Utama Pindad Adik Soedarsono ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (1/7).

Kendaraan perang Komodo ini akan terus diperbanyak menggunakan dana capex (capital expenditure) atau belanja modal perseroan yang mencapai Rp 360 juta. Dana tersebut berasal dari PMN (Penanaman Modal Negara) sebesar Rp 300 juta dan modal internal Rp 60 juta. Namun dia tidak menjelaskan berapa persisnya dana yang dibutuhkan untuk membuat satu kendaraan.

Kendaraan tempur varian Komodo, lanjutnya, akan diperbanyak setelah terbukti dan teruji di lapangan. Saat ini 5 unit Komodo sudah dipakai oleh TNI dan Brimob.

"Kalau kita stabil di miltary, kita produksi. Seperti hummer (versi sipil Humvee Amerika Serikat) baru diproduksi untuk sipil setelah 1.000 unit. Jangan uji coba di sipil. Di militer disempurnakan, kayak Anoa (Panser) baru di ekspor agar image terjaga," tambahnya.

Kendaraan tempur ini dijanjikan akan dilepas dengan harga lebih murah ketimbang harga jual versi militer. Menurutnya, varian sipil lebih sederhana ketimbang militer.

"Harga versi sipil ada pengurangan spesifikasi, nggak ada water profing.Sekarang dilepas mulai harga Rp 2 miliar. Tapi itu tergantung konfigurasi," tutupnya singkat. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. PT Pindad

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.