Perdagangan Bebas RI-Australia Genjot Investasi Masuk Indonesia

Senin, 4 Maret 2019 12:08 Reporter : Dwi Aditya Putra
Perdagangan Bebas RI-Australia Genjot Investasi Masuk Indonesia Ketua Umum Kadin, Rosan P Roeslani, soal perdagangan bebas. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut baik perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Pemerintah Indonesia dan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). Dengan perjanjian perdagangan bebas ini diharapkan mampu meningkatkan investasi kedua negara ini.

Ketua Umum Kadin, Rosan P Roeslani, mengatakan bagi Indonesia penting menjadikan perjanjian ini sebagai sebuah alat guna mendorong ekonomi lebih besar lagi. Sebab, dalam IA-CEPA, kerjasama antara Indonesia-Australia tidak hanya untuk meningkatkan perdagangan bilateral saja, tetapi membuka investasi di beberapa bidang.

"Dengan adanya potensi perdagangan dua negara yang besar maka sangat penting bagi Indonesia untuk segera melakukan proses reformasi ekonomi sebagai bagian dari komitmen IA-CEPA," kata Rosan saat ditemui usai penandatangan IA-CEPA di Jakarta, Senin (4/3).

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin, Bidang Hubungan International, Shinta Kamdani menambahkan perjanjian ini ditujukan untuk menciptakan hubungan perdagangan investasi yang lebih besar serta mendukung satu sama lain dalam berkompetisi dengan negara lain.

"Adanya revolusi rantai nilai global memaksa kita untuk maju bersama-sama, bukan sendiri-sendiri. IA-CEPA itu bukan hanya sekedar mengenai saat ini, tapi bagaimana kita melihat tantangan ekonomi dunia jauh ke depan," katanya.

Shinta menambahkan, bagi Kadin sendiri penting untuk secara asertif memaksimalkan utilisasi perjanjian IA-CEPA ini. Misalnya dengan membuat tranding house khusus, desk informasi pemanfaatan IA-CEPA khususnya untuk memfasilitasi para pengusaha atau peningkatan misi dagang ke Australia.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi menandatangani perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif dengan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Perjanjian perdagangan bebas ini ditandatangani langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham serta disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini