Percepat Pembangunan Tol Cisumdawu, Pemerintah Tambah Pendanaan Kontraktor Lokal

Kamis, 19 September 2019 19:51 Reporter : Merdeka
Percepat Pembangunan Tol Cisumdawu, Pemerintah Tambah Pendanaan Kontraktor Lokal Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Pantau Pengerjaan Tol Cisumdawu. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, naiknya porsi pendanaan untuk kontraktor lokal membuat pengerjaan proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) menjadi berjalan. Seperti pengerjaan Seksi II fase 2 ruas Tol Cisumdawu, yang sebelumnya pendanaan lebih banyak berasal dari pinjaman oleh Metallurgical Corporation of China (MMC).

Lantaran tidak banyak perform, pemerintah pada 2 bulan lalu menyerahkan tanggung jawab kepada PT Wijaya Karya dan PT Waskita Karya yang juga terikat secara Kerja Sama Operasi (KSO), untuk memberikan porsi dana dukungan tunai infrastruktur (Viability Gap Fund/VGF) lebih besar di proyek ini.

"Yang tadinya porsinya 65 (persen) MCC, 35 (persen) Waskita-Wika, sekarang menjadi 45 (persen) MCC dan 55 (persen) Waskita-Wika," jelas Menteri Basuki saat bertandang ke proyek Tol Cisumdawu di Sumedang, Kamis (19/9).

"Saya kira ada progres. Waktu itu kita ke sini kan itu belum dikerjakan. Sekarang sudah ada dikerjakan," dia menambahkan.

Sementara itu, untuk progres keseluruhan Tol Cisumdawu masih terkendala pembebasan lahan, salah satunya karena ada tanah Perhutani. Untuk itu, saat ini proses pembebasan lahan ada di tangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kendati demikian, Menteri Basuki masih yakin, pengerjaan proyek Tol Cisumdawu secara keseluruhan dapat rampung pada tahun depan. "Jadi kalau pak Gubernur rekomtek (rekomendasi teknis) keluar, pasti izinnya untuk menggunakan tanah Perhutani akan segera keluar beberapa hari saja," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Indahnya Tol Cisumdawu, di Atasnya Ada Jalan Berkelok dan Tembus Gunung
Pemerintah Target Tol Cisumdawu Berfungsi Operasional Lebaran 2020
Tol Cisumdawu Bakal Miliki Terowongan Terpanjang di Indonesia
Saat Tol Cisumdawu Beroperasi, Bandung-Kertajati Cuma Butuh Waktu 45 Menit
Pembangunan Tol Cisumdawu Seksi III Ditargetkan Rampung Desember 2019
Bangun KEK Rebana, Jabar Minta Pemerintah Percepat Pembangunan Tol Cisumdawu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini