Penyebab Seringnya Bus Pariwisata Terlibat Insiden Kecelakaan Versi Menhub Budi

Selasa, 24 Mei 2022 16:05 Reporter : Sulaeman
Penyebab Seringnya Bus Pariwisata Terlibat Insiden Kecelakaan Versi Menhub Budi Kecelakaan bus. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan terkait seringnya bus pariwisata terlibat insiden kecelakaan di jalan tol maupun arteri.

Menhub Budi menyebut, mayoritas kendaraan bus pariwisata merupakan bekas bus Angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) yang digunakan secara individual. Sehingga, tidak diketahui secara pasti kondisi kelaikan armada maupun identitas sopir/pengemudi bus pariwisata.

"Seperti yang kita ketahui, bus angkutan wisata itu bekas (bus) AKAP yang digunakan secara individual. Dan kadang kadang tidak terlacak, apakah supirnya bener atau tidak," ujar Menhub dalam Konferensi Pers Evaluasi Mudik Lebaran 2022, Selasa (22/4).

Untuk itu, pihaknya mendorong pihak Kepolisian Republik Indonesia dan Dinas Perhubungan melakukan upaya penegakan hukum (law enforcement) terhadap bus pariwisata yang mengangkut penumpang saat arus mudik. Sebab, hal ini dapat membahayakan keselamatan penumpang.

"Kita mengimbau Polda dan Dishub untuk membakukan law enforcement terhadap bisa pariwisata. Karena bis pariwisata itu berbahaya," tutupnya.

2 dari 2 halaman

Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciamis Diduga karena Rem Blong

Sebelumnya, Polisi menyimpulkan dugaan sementara penyebab kecelakaan bus pariwisata di Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, disebabkan rem blong sehingga laju kendaraan tidak terkendali. Kecelakaan itu menewaskan empat orang dan puluhan penumpang lainnya luka-luka.

"Untuk sementara, dugaan awal karena rem blong, namun nanti akan kami lengkapi dengan saksi lain dan bukti di TKP," kata Kepala Kepolisian Resor Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro di lokasi kecelakaan, Minggu (22/5).

Dia menuturkan jajarannya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) sejak Minggu pagi. Pihaknya juga telah mengevakuasi dan menyita bangkai bus pariwisata ke Polres Ciamis.

Polres Ciamis saat ini masih mengumpulkan keterangan saksi untuk mengetahui lebih jelas penyebab kecelakaan, termasuk ada atau tidaknya unsur kelalaian. "Terkait kelalaian, nanti akan melalui proses penyelidikan, kami mohon waktu," jelasnya. [idr]

Baca juga:
Bus Pariwisata Kecelakaan di Ciamis, Sopir Akhirnya Menyerahkan Diri
Sopir Bus Maut di Ciamis Menyerahkan Diri ke Polisi
Kecelakaan Bus di Ciamis Diduga Karena Rem Blong, Begini Keterangan Polisi
Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciamis Diduga akibat Rem Blong
Kemenhub sebut Bus Pariwisata yang Kecelakaan di Ciamis Tidak Berizin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini