Penanganan Pandemi Semakin Baik, Pemerintah Optimis Ekonomi Tumbuh Positif di 2021

Senin, 31 Mei 2021 14:40 Reporter : Dwi Aditya Putra
Penanganan Pandemi Semakin Baik, Pemerintah Optimis Ekonomi Tumbuh Positif di 2021 pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi kembali positif di kisaran 4,5 -5,3 persen tahun ini. Berbagai kebijakan diambil lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dikawal ketat dan Program Vaksinasi untuk menjaga kesehatan masyarakat menghadapi Covid-19.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, sebagai komponen utama dari ekonomi tentunya masyarakat yang sehat akan menghidupkan perekonomian dalam berbagai sektor, mulai dari manufaktur, pendidikan, UMKM, pariwisata dan lainnya.

Oleh karenanya, pemerintah meyakini vaksinasi Covid-19 adalah game changer, sebagai langkah yang krusial untuk menentukan kesuksesan dalam mengakhiri pandemi. Untuk mencapai imunitas masyarakat, dibutuhkan sekiranya 70 persen penduduk atau sekitar 181 juta masyarakat Indonesia yang perlu di vaksinasi.

Menurutnya, vaksinasi penting di Indonesia terhadap penurunan angka kematian dan diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dan kebijakan PPKM memberikan efek positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dengan penanganan pandemi yang semakin baik, diprediksi bahwa perekonomian akan kembali di jalur positif, yaitu di angka 4,5 – 5,3 persen dan tentunya ini akan kembali didorong dengan lipom struktural, yang menjadi pendongkrak ekonomi di jangka menengah," kata Menko Airlangga di acara Webinar Nasional Vaksin dan Pemulihan Ekonomi Nasional, ditulis Senin, (31/5).

Untuk itu, Menko Airlangga dengan tegas menyebutkan bahwa program Pemulihan Ekonomi Nasional tetap dilaksanakan pada tahun ini, untuk menstimulus masyarakat untuk kembali normal dan berada di jalur positif.

Baca Selanjutnya: Lanjutkan Program PEN...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini