Pemerintah Tambah Anggaran Perlindungan Sosial, Ini Rincian Lengkapnya

Rabu, 21 Juli 2021 19:35 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pemerintah Tambah Anggaran Perlindungan Sosial, Ini Rincian Lengkapnya Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/anggun situmorang

Merdeka.com - Pemerintah menambah anggaran perlindungan sosial untuk masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat beberapa waktu lalu. Salah satunya anggaran untuk program bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp6,14 triliun. Dana ini ini akan dibagikan kepada 10 juta keluarga pada Juli 2021.

"Kita berikan juga buat tahun ini jadi 6 bulan, 4 bulan sudah diberikan pada Januari-April dan 2 bulan ekstra ini untuk bulan Mei dan Juni yang akan disalurkan pada bulan Juli," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, Jakarta, Rabu (21/7).

Sri Mulyani menuturkan, sebelum ada tambahan anggaran, program bantuan sosial tunai ini telah disalurkan pada Januari-April. Total anggaran yang disiapkan yakni Rp11,32 triliun. Adanya tambahan ekstra 2 bulan tersebut menjadikan total anggaran pemerintah dalam program ini Rp17,46 triliun.

Selain itu, pemerintah juga menambah anggaran untuk program Kartu Pra Kerja senilai Rp10 triliun. Semula pemerintah hanya menganggarkan Rp20 triliun untuk 5,6 juta peserta. Sehingga sampai akhir tahun, alokasi program ini menjadi Rp30 triliun.

Sri Mulyani menambahkan, pemerintah juga memberikan bantuan kuota internet kepada 38,1 juta peserta didik dan tenaga kerja. Alokasi yang disiapkan dalam program ini yakni Rp5,54 triliun untuk 5 bulan terhitung sejak Agustus-Desember.

"Minggu depan, saat anak-anak sekolah masuk lagi, kita akan berikan perpanjangan subsidi kuota internet buat Agustus-Desember," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp3 triliun untuk durasi subsidi 3 bulan dalam program ini. Namun adanya tambahan, membuat total anggaran naik menjadi Rp8,54 triliun.

"Jadi tambahan anggarannya Rp5,54 triliun jadi total anggarannya jadi Rp8,54 triliun," kata dia mengakhiri. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini