Pekan Depan, Rupiah Diprediksi Menguat ke Level Rp14.540

Kamis, 30 April 2020 19:52 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pekan Depan, Rupiah Diprediksi Menguat ke Level Rp14.540 Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim memprediksi nilai tukar Rupiah akan mengalami penguatan terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan pekan depan. Penguatan Rupiah diprediksi berada pada level Rp14.800 hingga Rp14.540 per USD.

"Dalam perdagangan hari ini Rupiah ditutup menguat 413 point di level Rp14.881. Dalam perdagangan Minggu depan Rupiah kemungkinan akan dibuka melemah tetapi ditutup menguat tipis. Di range Rp14.800 hingga Rp14.540," ujarnya di Jakarta, Kamis (30/4).

Penguatan mata uang Garuda karena fokus telah berubah dari Federal Reserve ke Bank Sentral Eropa, karena dewan pemerintahan harus memutuskan lebih dari 1 triliun euro (USD 1,1 triliun) dalam pembelian aset dan rencana pinjaman yang cukup besar cukup untuk menjaga perusahaan dan rumah tangga tetap terapung.

"Federal Reserve mempertahankan suku tidak berubah pada hari Rabu, tetapi menyatakan keinginan untuk melakukan lebih banyak untuk mendukung perekonomian jika ini diperlukan," jelas Ibrahim.

1 dari 1 halaman

Faktor Internal

rev1

Sementara itu, dari internal fundamental ekonomi Indonesia telah teruji dan begitu kokoh pasca data ekonomi eksternal positif membawa angin segar bagi perinvestasian di pasar valas dan obligasi. Di samping itu, pemerintah dan Bank Indonesia telah berhasil menyelamatkan perekonomian berkat strategi bauran yang diterapkan bersama-sama.

"Sehingga bisa menenangkan pasar, apalagi pasca penjualan perdana SUN di bursa Singapura dan Bursa Francis dibarengi dengan suku bunga tinggi menambah daya gedor tersendiri bagi pelaku pasar," jelasnya.

"Di sinilah titik balik pelaku pasar kembali percaya terhadap pasar dalam negeri sehingga wajar kalau arus modal asing kembali masuk begitu deras dan membawa mata uang Garuda kembali digdaya dan kedigdayaannya melampaui mata uang asing lainnya," tandas Ibrahim. [idr]

Baca juga:
Maret 2020, BI Catat Uang Beredar Tumbuh 12,1 Persen Menjadi Rp6.440 Triliun
Rupiah Menguat ke Rp15.295/USD Didorong Kebijakan Pemerintah Perluas PSBB
Bos BI Optimis Rupiah Menguat ke Rp15.000 per USD
Rupiah Menguat Dipicu Kebijakan Eropa yang Bersiap Kendurkan Pembatasan Sosial
Larangan Mudik Lebaran 2020 Bikin Rupiah Menguat Terhadap USD
Kurs Rupiah Menguat ke Level Rp15.415/USD Dipicu Bangkitnya Harga Minyak Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini