Pekan Depan, Jokowi Tinjau Ibu Kota Baru untuk Tentukan Lokasi Klaster Pemerintah

Jumat, 13 Desember 2019 17:41 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pekan Depan, Jokowi Tinjau Ibu Kota Baru untuk Tentukan Lokasi Klaster Pemerintah Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo merencanakan untuk meninjau lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur pekan depan. Ini sekaligus untuk menentukan posisi klaster pemerintahan.

"Ya mungkin minggu depan saya dua tiga hari akan berada di sana untuk memastikan titik mana yang dipakai sebagai klaster pemerintahan," kata Presiden Jokowi di Istana Negara dikutip dari Antara di Jakarta, Jumat (13/12).

Jokowi menyebutkan banyak klaster yang akan dibangun di ibu kota baru tersebut, namun yang pertama akan ditentukan lokasinya adalah klaster pemerintahan.

"Ini kan banyak klaster, ada pemerintahan, klaster kesehatan, klaster inovasi, yang pertama kali harus ditentukan adalah titik klaster pemerintahan," katanya.

Dia menyebutkan di klaster pemerintahan akan dibangun istana dan kantor kementerian.

Ketika ditanya seperti apa standar kantor pemerintahannya, Presiden mengatakan akan ditentukan setelah meninjau lokasi. "Ya nanti dilihat, kalau sudah ke sana melihat, feelingnya dapat, baru nanti arsitek, urban planner, semuanya kumpul," katanya.

1 dari 1 halaman

Putuskan Pindahkan Ibu Kota

Melalui rapat terbatas pada 29 April 2019, Presiden Jokowi memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa.

Pemindahan ibu kota ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024.

Pada 26 Agustus 2019, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa ibu kota baru akan dibangun di wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. [idr]

Baca juga:
Sayembara Desain Ibu Kota Baru Masuk Tahap Penjurian, Ada 257 Usulan
Pemerintah Rampungkan Inventarisasi 200.000 Ha Lahan di Ibu Kota Baru
SBY Cerita Pernah Mau Pindahkan Ibu Kota, Tapi Batal Karena Biaya Besar
Enaknya Jadi PNS di Era Jokowi, Kerja dari Rumah Sampai Bisa Tambah Libur Sendiri
RUU KUHP, KKR dan Pemindahan Ibu Kota Musuk Prolegnas 2020
Menteri Bambang: Pemerintah Akan Tarik Diaspora Kembangkan Ibu Kota Baru

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini