Pegadaian Buka Peluang IPO Tahun Depan

Senin, 25 Maret 2019 15:56 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pegadaian Buka Peluang IPO Tahun Depan Pegadaian. ©2016 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Kuswiyoto, mengatakan perusahaan berencana melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia tahun depan. Rencana ini akan dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi makro.

"IPO rencana kami ada, tapi bukan tahun ini. Kami mau matangkan dulu, serta melihat kondisi keuangan makro dan global seperti apa, menunggu momen yang pas. Mungkin tahun depan kalau makro global oke," ujarnya di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (25/3).

Kuswiyoto menjelaskan, perusahaannya saat ini lebih tertarik melakukan pinjaman dari bank dibandingkan dengan obligasi semacam IPO. "Pinjaman bank lebih menarik, prioritas kami masih dari pendanaan bank dulu. Kami punya opsi kesana," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Teknologi Informasi Digital Pegadaian Teguh Wahyono mengatakan, perseroan tahun ini membutuhkan pendanaan sekitar Rp 5 hingga Rp 6 triliun untuk melakukan aksi-aksi korporasi.

"Kita masih punya plafon bank, itu besar banget diatas Rp 10 triliun dan kita dengan melihat bunga Bank Indonesia yang sekarang 6 persen itu maka kalau kita keluarin obligasi kayaknya lagi mahal gitu," katanya.

Teguh menambahkan, untuk porsi pendanaan tahun ini sekitar 80 persen masih dari bank Himbara (Himpunan Bank Negara). "Pegadaian sudah komit bank Himbara sehingga setiap saat kita perlu mereka akan segera top up otomatis. Jadi kita masih berpikir paling optimal gunakan dana bank dulu sambil tunggu leadnya ke depan akan seperti apa," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini