Gandeng Pegadaian, Tokopedia Layani Investasi Emas Mulai dari Rp 500

Rabu, 30 Januari 2019 12:58 Reporter : Merdeka
Gandeng Pegadaian, Tokopedia Layani Investasi Emas Mulai dari Rp 500 Kerjasama Tokopedia dan Pegadaian Investasi Emas. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Pegadaian menggandeng Tokopedia saat meluncurkan fitur jual-beli emas secara daring atau online. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat khususnya kaum milenial yang memiliki keinginan memulai berinvestasi emas namun belum memiliki dana besar.

"Ini salah satu misi dari Tokopedia untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia, dan alasan kami memilih Pegadaian sebagai partner karena merupakan perusahaan BUMN yang produk-produknya diawasi oleh OJK," ujar Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, saat acara peresmian di Tokopedia Tower, Jakarta, Rabu (30/1).

Kerjasama Tokopedia dan Pegadaian ©2019 Merdeka.com/Ayu Lestari Wahyu Puranidhi

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero), Harianto Widodo, menambahkan kerjasama ini diharapkan agar memperluas segmen pasar Pegadaian serta meningkatkan kinerja bisnis kedua belah pihak.

Masyarakat dapat mulai melakukan investasi emas dalam aplikasi Tokopedia hanya dengan membayar mulai dari Rp 500 dan pembayarannya dapat dilakukan melalui OVO Cash. Ada beberapa level membership untuk para pengguna sesuai dengan transaksi yang dilakukan, yaitu Gold Club, Gold Prime dan Gold Prestige. Semakin tinggi level yang dimiliki semakin banyak fitur yang didapatkan.

Meskipun harga yang dibayarkan terbilang cukup murah, masyarakat tidak perlu khawatir karena transaksi jual-beli emas ini berada di bawah pengawasan langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Proses transaksi pun relatif mudah. Nasabah, cukup mengisi jumlah emas yang dibeli dalam bentuk satuan gram atau Rupiah, serta melakukan proses pembayaran yang sudah tersedia di aplikasi Tokopedia tersebut.

Tokopedia memilih Pegadaian sebagai partnership karena Pegadaian merupakan perusahaan BUMN terbesar di Indonesia. Selain itu, Pegadaian juga sudah lebih dahulu dalam melakukan investasi ini.

Alasan yang sama juga diungkapkan oleh pihak Pegadaian. Mereka memilih Tokopedia menjadi partnership karena Tokopedia merupakan perusahaan teknologi berbasis marketplace terkemuka dan terbesar di Indonesia, sehingga target penjualan ini dapat dipenuhi karena jangkauan Tokopedia yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

"Karena sebagai Badan Usaha Milik Negara, kami harus meyakinkan semua produk yang ada kepada para investor. Maka dari itu, kami harus memilih salah satu partner yang terkemuka dan memiliki jangkauan yang sudah mencakup seluruh Indonesia. Untuk itu Tokopedia lah menjadi wadah untuk melakukan itu," ujar Harianto Widodo.

Selain itu, Co-Founder Tokopedia juga menambahkan bahwa kolaborasi ini terjadi karena adanya kecocokan tujuan yang ingin dicapain oleh kedua belah pihak yaitu untuk memajukan keuangan Indonesia.

"Kami berharap fitur investasi emas ini akan semakin mendorong inklusi keuangan secara digital di Indonesia" ujar Leontinus di Jakarta.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini