OJK Minta Lembaga Jasa Keuangan Perhatikan Aspek Perlindungan Konsumen

Sabtu, 19 Oktober 2019 16:01 Reporter : Wilfridus Setu Embu
OJK Minta Lembaga Jasa Keuangan Perhatikan Aspek Perlindungan Konsumen Nurhaida. ©2015 Merdeka.com/ Fikri Faqih

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida menegaskan pentingnya aspek perlindungan konsumen dalam bisnis jasa keuangan. Hal ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan.

Menurut dia, upaya meningkatkan inklusi keuangan atau upaya mendorong masyarakat untuk makin banyak mengakses lembaga keuangan formal harus dilakukan. Tapi tidak boleh abai terhadap perlindungan konsumen.

"Perlindungan konsumen, biar meningkatkan, tapi tidak terlindungi mereka akan kapok. Lama-lama mereka pergi," tegas dia, di Jakarta, Sabtu (19/10).

Dia pun mengingatkan, upaya edukasi dan mendorong inklusi dan literasi keuangan harus terus dilaksanakan. Lembaga jasa keuangan (LJK) pun harus terus memperkenalkan diri dan berupaya memudahkan masyarakat dalam mengakses lembaga keuangan formal.

"Akses lebih mudah dan terjangkau. Membiayai UMKM agar dapat modal untuk pengembangan usaha. UMKM kita sangat banyak dan mereka belum punya akses ke keuangan formal," jelas dia.

Selain itu, jika masyarakat dapat mengakses layanan keuangan formal, maka mereka dapat mulai membuat rencana keuangannya. Salah satunya lewat tabungan.

"Banyak tipe tabungan, menabung saham, untuk investasi, dan untuk masa depan. Makin banyak rekening. Kita juga berusaha agar setiap pelajar punya account," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini