Meski Ada Insiden Kecelakaan Kerja, Pengerjaan Tol BORR Dijanjikan Tidak Tertunda

Rabu, 17 Juli 2019 18:03 Reporter : Merdeka
Meski Ada Insiden Kecelakaan Kerja, Pengerjaan Tol BORR Dijanjikan Tidak Tertunda Pembangunan tol BORR. ©2013 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan penyelesaian proyek Jalan Tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Outer Ring Road (BORR) tidak akan tertunda meski terkendala akibat kecelakaan kerja beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto menyatakan, insiden jatuhnya tiang pancang di tol BORR tersebut tidak begitu banyak menimbulkan kerusakan, sehingga pengerjaan tetap bisa dipercepat.

"Enggak, kan hanya masalah basah ya. Terhadap kasus BORR itu bukan hal besar, tapi tetap kita perhatikan. Bukan berarti kita abaikan, namun dari sisi waktu kita masih on schedule," jelas dia di Jakarta, Rabu (17/7).

Sebagai informasi, pengerjaan proyek Tol BORR Seksi 3A ditargetkan dapat rampung dalam kurun waktu 12 bulan, atau sampai akhir Desember 2019. Adapun Seksi 3A sepanjang 2,85 km ini merupakan proyek lanjutan dari tahap sebelumnya yang hingga persimpangan Jalan Sholeh Iskandar-Yasmin Bogor.

Berdasarkan hasil analisa Kementerian PUPR dan Komite Keselamatan Konstruksi (KKK), Sugiyartanto mengatakan, ditemukan adanya kelalaian pekerja lapangan yang membuat kepala tiang proyek ambruk.

Berkaca pada kasus tersebut, faktor keselamatan kerja akan menjadi perhatian utama agar kasus serupa tidak terulang. "Dari analisa yang kita lakukan bersama tim KKK yang dari Bina Konstruksi, rekomendasi yan kita tampilkan adalah betul-betul kedisiplinan. Intinya itu aja, sekaligus mungkin safety factor dinaikkan. Kalo saya pribadi, safety nya dinaikkan saja," imbuhnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini