Mengenal Maskapai-Maskapai Asing Akan Terbang di Langit Indonesia

Rabu, 19 Juni 2019 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Mengenal Maskapai-Maskapai Asing Akan Terbang di Langit Indonesia jetstar air. airnation.net

Merdeka.com - Ada tiga maskapai asing yang santer akan membuka rute domestik di Indonesia. Selain Air Asia yang sudah membuka rute domestik, ada maskapai asing lain yang kabarnya akan masuk ke Indonesia.

Soal rencana ini, pemerintah tengah mengkajinya. "Jadi spiritnya gini lah, jadi spiritnya bukan asing tapi kompetisi. Air Asia sudah, tinggal menambah saja. Yang ada apa itu, Scoot sama siapa ada tiga itu yang baru," kata Menteri Perhubungan Budi Karya, beberapa waktu lalu.

Pembukaan jalur untuk maskapai asing diharapkan ada kompetisi harga tiket di tengah mahalnya harga tiket pesawat. Berikut maskapai-maskapai asing yang bakal terbang di Indonesia.

1 dari 3 halaman

Scoot

Kabarnya maskapai asing yang akan masuk ke Indonesia ialah Scoot. Scoot merupakan maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier/LCC) milik Singapore Airlines (SIA) Group.

Saat ini Scoot telah mengoperasikan 24 unit pesawat Airbus 320s dan 16 Boeing 787 Dreamliners. Scoot sudah lebih dulu membuka rute internasional yang terhubung dengan sejumlah kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Palembang sebelum sepenuhnya masuk ke pasar domestik.

2 dari 3 halaman

Jet Star

Jet Star salah satu maskapai asing yang bakal melayani rute domestik. Jet Star sebuah maskapai bertarif rendah berasal dari Australia.

Saat ini Jetstar melayani lebih dari 70 penerbangan per pekan, dari Singapura ke Indonesia dan sebaliknya. Beberapa waktu lalu Jetstar menambah 21 layanan ke beberapa rute Singapura maupun Indonesia, seperti Jakarta, Bali, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

3 dari 3 halaman

AirAsia

Pesawat dengan tarif murah AirAsia akan menambah rute domestik, menyusul Scoot dan Jet Star yang direncanakan bakal membuka layanan domestik. AirAsia sudah lama meramaikan penerbangan Indonesia.

Seperti diketahui AirAsia mulai menjelajah langit Indonesia setelah mengakuisisi PT Air Wagon Internasional pada 2004. Pesawat Airbus A320-200 terbang di berbagai kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bali, Medan, dan Surabaya. AirAsia menjadi salah satu maskapai favorit karena sering kali melakukan promo tiket murah. [has]

Baca juga:
Kedatangan Maskapai Asing Dinilai Bahayakan Perusahaan Penerbangan Indonesia
Kemenhub: Belum Ada Maskapai Asing Ajukan Izin Masuk Indonesia
Ramai Maskapai Asing Layani Rute Domestik, ini Penjelasan Menhub Budi
Maskapai Asing Dikhawatirkan Turunkan Industri Penerbangan RI
Apa Untung dan Ruginya Jika Maskapai Asing Buka Rute Domestik di Indonesia?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini