Mendag ingin Indonesia jadi basis produksi motor

Selasa, 8 April 2014 11:55 Reporter : Idris Rusadi Putra
pabrik motor honda. ©astra honda motor

Merdeka.com - Siang ini, Selasa (8/4), Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyaksikan peluncuran ekspor motor Kawasaki Ninja RR Mono ke Filipina. Peluncuran ekspor ini bertepatan dengan peresmian pabrik baru Kawasaki di kawasan industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat.

Lutfi meyakini, ekspor motor seperti yang dilakoni Kawasaki akan meningkatkan neraca perdagangan industri manufaktur. Dia berharap langkah ini bisa mendorong neraca perdagangan mencatatkan surplus sekaligus meningkatkan cadangan devisa.

"Kawasaki penyumbang kontribusi motor sport tanah air dan diharapkan bukan hanya menjadikan Indonesia tujuan pemasaran tapi juga sebagai basis produksi," ucap Lutfi di Cikarang.

Lutfi juga menyoroti hal lain. Diproduksinya Ninja RR Mono di Indonesia secara tidak langsung akan mengurangi ketergantungan impor otomotif dan di sisi lain turut berperan dalam kontribusi ekspor nonmigas Indonesia.

"Industri otomotif memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. Tidak hanya potensi perdagangan tapi peningkatan daya saing otomotif Indonesia dan penyerapan tenaga kerja," katanya.

Nilai ekspor sepeda motor dan komponennya pada 2013 mencapai USD 564,42 juta terdiri dari ekspor sepeda motor sebesar USD 126,44 juta dan ekspor komponen sebesar USD 437,98 juta. Selama periode 2009-2013 nilai ekspor sepeda motor dan komponennya mengalami tren pertumbuhan positif masing masing 39,42 persen dan 36,65 persen.

Negara tujuan utama ekspor sepeda motor dan komponen sebagian besar adalah kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam. Sedangkan pangsa ekspor ke Jepang mencapai 5,38 persen dari total ekspor sepeda motor dan komponen Indonesia pada 2013.

Dari data ASEAN Automotive Federation (AAF) angka penjualan sepeda motor di Indonesia tahun 2013 mengalami kenaikan 9 persen atau sebanyak 7.771.014 unit dibandingkan tahun 2012 yang hanya 7.141.586 unit. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini