Mendag Enggartiasto: Tak perlu ada badan khusus tangani cabai

Reporter : Syifa Hanifah | Rabu, 11 Januari 2017 21:05
Mendag Enggartiasto: Tak perlu ada badan khusus tangani cabai
Mendag Enggartiasto di Malang. ©2017 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan pemerintah tidak perlu membuat badan Khusus yang menangani lonjakan harga cabai. Alasannya, pemerintah telah banyak membuat badan baru, sehingga membebani anggaran.

"UU mengamanatkan ada Badan Pangan. Dan itu sudah dipersiapkan. Tetapi yang spesifik hortikultura saya enggak lihat dalam UU. Kita jangan terlalu banyak bikin badan deh, sudah ada badan yang ada saja. Kita nanti nambah lagi anggarannya," ujar Menteri Enggar, di kantornya Jakarta, Rabu (11/1).

Menteri Enggar menegaskan saat ini untuk menekan harga cabai itu biar menjadi tugas dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Menurutnya, Kementan sudah sangat kompeten untuk menjaga harga pangan tetap stabil.

"Beras sudah tidak impor, jagung kita kurangi impornya. Terus buat apa lagi. Cukup pak mentan sendiri sudah bagus, dan punya Dirjen juga. Cukup ditangani pak Dirjen Hortikultura, kita juga punya Badan Karantina yang galak," jelasnya.

Dia menambahkan pemerintah tak perlu untuk impor cabai untuk menekan harga. Enggar pun meminta masyarakat untuk mengkonsumsi cabai yang harganya masih terjangkau.

"Enggak usah impor cabai. Cuma cabai rawit merah. Makanlah cabai rawit hijau yang juga sama, cabai rawit merah itu sesaat dan tidak mungkin urusan sesaat kita harus impor. Kalau hujan begini. Kita tidak bisa stop. Bagaimana, hujannya besar seperti ini. Kami tidak bisa memaksakan para petani untuk dia busuk," pungkasnya.

Baca juga:
Siswa SD dan SMP Purwakarta wajib tanam cabai di sekolah dan rumah
Pantau harga cabai, KPPU, BI dan Pemkot Makassar blusukan ke pasar
Harga melambung, pria ini nekat curi pohon cabai di lahan orang
Aher sarankan warga manfaatkan lahan kosong untuk menanam cabai
Antisipasi kenaikan harga, Pemprov Jatim sebar 100 Kg cabai per hari
Cabai kering jadi alternatif dan banyak diburu warga Makassar
Trik pemerintah padamkan harga cabai, salah satunya ajak beli online

[sau]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE