Mendag Agus Belum Putuskan Bakal Punya Wakil Menteri

Kamis, 24 Oktober 2019 16:30 Reporter : Merdeka
Mendag Agus Belum Putuskan Bakal Punya Wakil Menteri Agus Suparmanto. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Sejak penunjukkan menteri baru untuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, beberapa menteri meminta adanya pendamping kerja dalam bentuk wakil menteri (wamen). Seperti Menteri BUMN Erick Thohir yang mengusulkan 4 nama wakil menteri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), salah satunya Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjoyo.

Berbeda dengan Erick, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan, dirinya belum bisa menentukan apakah bakal ikut mengajukan adanya penambahan wamen di kementeriannya. Dia mengatakan, harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak kelembagaan.

"Bicara soal wamen, kita akan koordinasi dengan kelembagaan karena itu ada yang mengatur. Itu (kelembagaan) mengatur urgensinya juga. Jadi di situ saya tidak bisa putuskan sendiri," ungkapnya di saat berjumpa dengan rekan wartawan di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (24/10).

Begitu pula saat ditanya terkait kriteria calon wakil menteri yang diinginkannya, Agus belum bisa berkomentar lebih banyak. "Ya itu tadi, kita harus koordinasi terlebih dahulu. Jadi saya harus koordinasi dulu baru kemudian bisa menentukannya," pungkas dia.

Sebelumnya, Erick Thohir mengajukan tiga hingga empat nama wakil menteri ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut dia, Jokowi nantinya hanya akan memilih satu atau dua nama saja untuk membantunya mengurusi perusahaan plat merah itu.

"Kita mengajukan beberapa nama, beliau menyeleksi malam ini kemungkinan segera diangkat besok. Ada 3-4 nama (diajukan). Tapi kan nanti beliau milih satu dua," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (24/10).

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini