Masyarakat lebih pilih menabung dan traveling ketimbang belanja di toko ritel

Sabtu, 28 Oktober 2017 14:30 Reporter : Hari Ariyanti
Masyarakat lebih pilih menabung dan traveling ketimbang belanja di toko ritel Ilustrasi belanja di supermarket. ©ox.ac.uk

Merdeka.com - Beberapa toko ritel di Tanah Air resmi menutup tokonya. Mulai dari Matahari, Ramayana hingga Lotus memutuskan untuk menutup gerainya di berbagai tempat.

Dekan dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Ari Kuncoro mengatakan penutupan toko ritel ini disebabkan adanya perubahan pola hidup masyarakat. Tadinya, masyarakat lebih senang belanja, namun saat ini mereka lebih memilih untuk mencari hiburan seperti nongkrong di kafe atau restoran.

"Mal bukan dijadikan tempat belanja lagi tapi tempat untuk mencari hiburan," ujarnya dalam diskusi Bisnis Ritel Zaman Now di Warung Daun, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/10).

Perlambatan pertumbuhan ekonomi juga mempengaruhi preferensi masyarakat dalam membelanjakan uangnya. Saat ini, banyak yang lebih memilih menabung ketimbang membeli barang.

"Perubahan dari yang membeli barang ke membeli pemgalaman. Pengalaman menjadi penting seperti pengalaman jalan-jalan," tegasnya.

Fenomena ini juga berkaitan dengan perubahan preferensi kalangan menengah ke bawah. Biasanya, kalangan menengah ke bawah pada saat Lebaran membawa baju yang dibelanjakan. Kini, mereka lebih memilih menabung dan membawa uang ke kampung untuk dibagikan ke orang tua ataupun saudaranya.

"Saat Lebaran (Idul Fitri) dan lebaran haji dua-duanya perlu pengeluaran dan terjadi peningkatan tabungan. Ketika terjadi peningkatan tabungan konsumsi menurun, ritel sepi. Tahun 2016 semakin tajam ada apa? Kalau dilihat dari daya beli sebenarnya kalangan menengah itu punya uangnya cuma ditabung atau dijadikan deposito," jelasnya.

Menurut Ari, tak semua ritel yang pemasukannya anjlok. Dia mencontohkan produk sepatu yang tetap digemari dan penjualannya tinggi seiring dengan munculnya gaya hidup sehat seperti lari dan bersepeda.

"Itu masih laku," tegasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini