Luhut Pandjaitan Sentil Pihak Remehkan Ekonomi Indonesia: Jangan Debat Tanpa Data

Selasa, 29 November 2022 19:20 Reporter : Merdeka
Luhut Pandjaitan Sentil Pihak Remehkan Ekonomi Indonesia: Jangan Debat Tanpa Data luhut pandjaitan. ©2020 Foto: Tebe/Humas Ekonomi

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa kondisi ekonomi Indonesia masih tumbuh positif. Dia lantas mengajak sekelompok orang yang masih mendebatkan atau meremehkan pertumbuhan ekonomi positif tersebut.

Meski secara kondisi, Luhut tidak memungkiri situasi global masih belum lepas dari berbagai permasalahan, salah satunya akibat konflik geopolitik Ukraina-Rusia.

"Tapi kalau keadaan tahun ini belum baik, Indonesia makro ekonomi masih bagus. Semua katakan data. Jadi jangan kita debat dengan tanpa data," ujar Luhut dalam acara Wealth Wisdom yang diselenggarakan Bank Permata di Pacific Place, Jakarta, Selasa (29/11).

"Kalau ada pengamat bicara ke Anda ngomong gini-gitu, kasih tunjuk datamu. Jangan bohongi rakyat," tegas Luhut.

Mengacu pada data yang ada, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2022 masih terjaga di kisaran 5,7 persen. Dia pun optimistis ekonomi nasional masih berada di kisaran 5 persen sampai akhir tahun.

2 dari 2 halaman

Utang Paling Rendah

"Utang kita juga dianggap paling rendah. Jadi kalau orang bilang Rp7.000 triliun, dari mana datanya. GDP kita kan naik, pertumbuhan ekonomi bagus, stock exchange juga bagus. Kemudian exchange rate di bursa juga bagus," imbuh Luhut.

Menurut dia, seluruh angka dan data tersebut menunjukan bahwa ekonomi Indonesia masih bagus di tengah pelemahan global. Itu disebutnya bisa jadi pegangan seluruh masyarakat.

"Jadi data-data kalau kita lihat, semua data, ini angkanya masih baik. Jadi yang salah di mana? Enggak ada," pungkas Luhut Binsar Pandjaitan.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Pertumbuhan Ekonomi 5,3 Persen di 2023 Berpotensi Tak Tercapai
Erick Thohir Ingatkan Jangan Ada Perpecahan Agar Ekonomi Tetap Tumbuh
Jokowi Ingin Indonesia Masuk Lima Negara dengan Ekonomi Terkuat di Dunia
Menko Airlangga: Wirausaha Digital Kunci Penting Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi
Ingin Bandara Purbalingga Ramai, Ganjar Minta Kepala Daerah Bikin Banyak Event

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini