Lebah mengerubungi pesawat Citilink diduga akibat sarang dirusak

Jumat, 22 September 2017 20:03 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Lebah mengerubungi pesawat Citilink diduga akibat sarang dirusak Pesawat Citilink dikerubungi lebah. ©Istimewa

Merdeka.com - Manajemen Citilink Indonesia angkat bicara terkait insiden ditemukannya sekumpulan lebah yang berada di bagian ujung sayap kanan pesawat Citilink Indonesia dengan nomor penerbangan QG 885 rute Batam – Kualanamu, Medan, pada Jumat (22/9). Insiden tersebut terjadi tidak lama setelah pesawat mendarat pukul 11.42 WIB.

Vice President Corporate Communications Citilink Indonesia, Benny S Butarbutar, mengatakan mengatakan, pihaknya akan mengadakan pertemuan tersendiri guna membahas penyebab kemunculan sekumpulan lebah di area bandara. Mengingat kawasan bandara termasuk di areal landasan pacu harus terbebas dari binatang liar atau aktivitas apapun yang membahayakan.

"Penyebab kemunculan lebah di area sekitar bandara diduga karea habitat atau sarang lebah terganggu oleh aktivitas penebangan pohon, sehingga koloni lebah menyebar dan berkumpul pada objek lain, termasuk pesawat yang ada di bandara," ujarnya di Jakarta, Jumat (22/9).

Laporan juga menyebutkan bahwa peristiwa ini juga dialami beberapa penerbangan lainnya.

Sebelumnya, Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto membenarkan adanya peristiwa lebah menempel di sayap pesawat Citilink. Namun mereka belum dapat memastikan penyebabnya.

"‎Fenomena tersebut baru pertama kali terjadi," katanya.

Pihak Angkasa Pura (AP) II mengerahkan petugas untuk membersihkan lebah itu. Penerbangan pesawat itu pun terpaksa ditunda.

‎"Kejadian dimaksud berdampak pada penundaan jadwal penerbangan Citilink selama 1,5 jam," jelas Wisnu. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini