Kurs Rupiah Ditutup Menguat ke Level Rp14.092 per USD

Selasa, 23 Februari 2021 15:30 Reporter : Anggun P. Situmorang
Kurs Rupiah Ditutup Menguat ke Level Rp14.092 per USD Rupiah. ©2018 Merdeka.com/Azzura Zurae

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup menguat 25 poin di level Rp14.092 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.117 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup menguat direntang Rp14.500 hingga Rp14.120 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, pemerintah optimis perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara mikro akan menekan laju penyebaran Covid-19 dan ekonomi disisa waktu kuartal-I akan sedikit membaik.

"Di samping itu vaksinansi yang gencar dilakukan pemerintah juga akan berdampak positif terhadap kesehatan masyarakat apalagi WHO sudah mencanangkan kemungkinan besar di tahun 2022 Covid-19 akan sirna," ujar Ibrahim dalam riset harian, Jakarta, Selasa (23/2)

Dengan adanya optimisme tersebut, masyarakat sudah bisa kembali bekerja dan pertumbuhan ekonomi akan kembali membaik. Oleh karena itu pemerintah menggelontorkan dana PEN cukup besar di awal 2021 sebesar Rp700 triliun.

"Dana ini yang berfokus pada Kesehatan, vaksinansi, bansos, BLT dan UMKM. Tujuannya adalah untuk untuk kembali menggerakkan ekonomi dan ini bisa dilihat dari konsumsi masyarakat yang terus membaik dan ini akan berdampak positif untuk Pertumbuhan ekonomi di Kuartal-I," jelas Ibrahim.

Ibrahim menambahkan, hasil kerja keras pemerintah dan masyarakat tentang penanggulangan pandemi Covid-19 perlu mendapat apresiasi, karena tanpa kerja keras pejabat pemerintah tidak mungkin regulasi akan berjalan dengan baik. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini