KSEI Ungkap Keunggulan Investasi Saham Syariah yang Makin Digemari Investor

Sabtu, 9 Februari 2019 14:00 Reporter : Merdeka
KSEI Ungkap Keunggulan Investasi Saham Syariah yang Makin Digemari Investor syariah. shutterstock

Merdeka.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) memandang potensi investasi saham syariah di 2019 masih cukup cemerlang. Hal ini seiring dengan mulai banyaknya masyarakat mengenal model investasi ini.

Direktur Utama KSEI, Friderica Widyasari Dewi, melihat pasar saham syariah saat ini juga terus berkembang pesat. Terbukti sudah ada 60 persen saham bersifat syariah.

"Sekarang itu 60 persen saham sudah syariah dari kapitalisasi pasar Rp 7.000 triliun. Selain itu sistem online tradingnya juga sudah ada 13 SOTS syariah," tegas Friderica di Gedung BEI, Jakarta, Sabtu (9/2).

Selain itu, Frederica juga mengungkapkan banyak keunggulan yang dimiliki dalam investasi saham syariah ini sendiri. Salah satunya karena saham syariah lebih pruden. Serta tidak ada bank konvensional jadi, menurutnya, kalau ada gejolak yang rentan bisa diminimalisir.

"Perkembangan Jakarta Islamic Indeks saja biasanya lebih bagus dari LQ45. Investasi syariah ini tidak cuma digemari muslim, tapi yang non muslim juga," jelas dia.

Dari data yang dia peroleh, saat ini ada dua kategori investor syariah. Pertama, investor yang mulai dari broker, rekening hingga saham yang ditransaksikan syariah. Kedua, investor konvensional yang hanya berinvestasi di syaham syariah.

Pada 2019 ini, Frederica melihat potensi pertumbuhan pasar syariah ini sangatlah besar. Salah satu faktornya adalah mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini