Korbankan 4 hal ini agar sukses menabung

Selasa, 28 Agustus 2018 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Korbankan 4 hal ini agar sukses menabung Ilustrasi menabung. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Bevan Goldswain

Merdeka.com - Menabung adalah salah satu cara agar keuangan Anda tetap stabil. Namun, menabung tidak semudah yang dibayangkan. Banyak tantangan yang harus Anda hadapi, terlebih bagi Anda yang belum pernah menabung.

Dilansir CNBC, Anda bisa memangkas 4 hal agar strategi menabung Anda bisa berhasil. Pertama, memangkas kelebihan ruang hidup.

Biasanya, banyak orang yang mengeluarkan biaya lebih untuk kebutuhan rumah, seperti perabotan. Terlebih lagi bagi pasangan yang baru berumah tangga, akan lebih banyak kebutuhan rumah.

Hal ini bisa Anda kurangi. Tentukan barang mana yang Anda butuhkan, dan tahan diri untuk membeli barang-barang tersier lainnya.

Kedua, Anda bisa memangkas kebiasaan makan siang dan makan malam di luar. Anda bisa membawa bekal dari rumah. Tentunya hal tersebut bisa menghemat pengeluaran Anda. Selain itu, Anda bisa lebih sehat karena makanan yang Anda makan lebih steril.

Ketiga, tinggalkan hal yang tidak penting. Bersaing dengan tetangga Anda, mengikuti kebiasaan mewah teman atau tetangga Anda adalah ha-hal yang tanpa Anda sadari selalu Anda lakukan.

Hanya karena teman-teman Anda menikmati menghabiskan banyak uang untuk pakaian, bukan berarti Anda juga harus melakukannya. Jangan buang uang untuk hal-hal yang tidak penting bagi Anda.

Keempat, kredit mobil. Kredit mobil atau motor nyatanya membuat Anda harus mengeluarkan biaya lebih. Hal ini bisa Anda hindari dengan mengendarai mobil murah.

Anda juga dapat menghemat gas dengan carpooling dengan rekan kerja atau tetangga. Dan jika Anda tinggal di daerah di mana transportasi umum adalah pilihan, pertimbangkan untuk menggunakannya setidaknya beberapa hari dalam seminggu. Meskipun Anda tidak dapat menghemat waktu, kemungkinan Anda akan menghemat uang. [azz]

Topik berita Terkait:
  1. Tips Keuangan
  2. Tips Sukses
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini