Konsumsi Rumah Tangga Beri Andil Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II

Senin, 27 Mei 2019 13:26 Reporter : Dwi Aditya Putra
Konsumsi Rumah Tangga Beri Andil Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pertumbuhan ekonomi. ©Liputan6.com/Athika

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla (JK) mematok pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini sebesar 5,3 persen. Adapun salah satu cara untuk mencapai pertumbuhan tersebut, pemerintah tengah berupaya mendorong konsumsi rumah tangga.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan konsumsi rumah tangga pada kuartal II akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Sebab, salah satu faktornya adalah meningkatnya konsumsi secara musiman, karena pada Mei dan Juni merupakan Ramadan dan Lebaran.

Kemudian, konsumsi juga meningkat karena Tunjangan Hari Raya (THR) karyawan rata-rata cair pada Mei dan Juni. "(Pertumbuhannya berapa?) Saya belum bisa duga, tetapi cukup akan berikan andil yang positif (bagi pertumbuhan ekonomi)," katanya saat ditemui di Jakarta, Senin (27/5).

Menteri Enggar mengatakan, konsumsi rumah tangga sempat terganggu lantaran adanya kerusuhan yang disebabkan sekelompok massa pada saat 22 Mei 2019 kemarin. Akibat kerusuhan itu, berdampak pada penutupan sejumlah toko ritel.

"Tapi Alhamdulillah semua sudah lewat. Kalau berkelanjutan pasti akan terganggu tetapi sekarang kan sudah situasi sudah lebih kondusif," katanya.

Maka dari itu, Menteri Enggar meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian secara bersama. Dengan begitu, konsumsi rumah tangga pun akan meningkat dan berdampak ke pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Kita dorong, makanya jangan ada kerusuhan. Ini dengan THR dibagikan, kan suasana aman nyaman maka konsumsi belanja meningkat," pungkasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini