Klaim Pemerintah: Jepang, China dan Eropa Antre Tanam Investasi di IKN Nusantara

Kamis, 8 Desember 2022 20:00 Reporter : Merdeka
Klaim Pemerintah: Jepang, China dan Eropa Antre Tanam Investasi di IKN Nusantara Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR

Merdeka.com - Proyek IKN Nusantara atau ibu kota baru di Kalimantan Timur terus menarik minat investasi, baik dalam maupun luar negeri. Mengusung konsep kota hijau masa depan, IKN Nusantara menawarkan sejumlah paket pengerjaan infrastruktur kepada investor untuk bisa menanamkan modalnya.

Ketua Tim Penasihat Transisi IKN, Bambang Brodjonegoro mengatakan, antrean investasi tersebut beberapa di antaranya berasal dari Jepang, China dan Uni Eropa. Mereka bahkan telah menyempatkan diri untuk berkunjung langsung ke lokasi proyek IKN Nusantara.

"Ada dari Jepang, China dan beberapa negara Eropa lain, sudah mengatakan atau paling tidak ketertarikan dan melihat apa saja mereka bisa terlibat," kata Bambang saat ditemui di Jakarta, dikutip Kamis (8/12).

Dari beberapa minat investasi tersebut, ada beberapa investor yang telah menyepakati kontrak kerja sama dengan pemerintah. Namun, dia belum bisa merinci lebih jauh terkait itu.

2 dari 2 halaman

Implementasi Tahun Ini

Mantan Menteri Riset dan Teknologi ini pun memastikan, pemasukan investasi di IKN Nusantara bakal segera terimplementasi tahun ini. Mayoritas investor bergerak di sektor energi baru terbarukan (EBT), pembangunan perumahan, dan infrastruktur dasar.

Sebagai contoh, pembangunan infrastruktur dan properti untuk akses jalan dan hunian bagi para calon penduduk IKN Nusantara, yakni para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lainnya.

Sesuai dengan visi masa depan, pemerintah juga ingin menjadikan IKN Nusantara sebagai kota percontohan di dunia yang menerapkan energi terbarukan (renewable energy). Sehingga investasi di bidang energi hijau ini tak bisa ditawar-tawar lagi.

"Energi khususnya renewable, dan kedua properti karena kebutuhan rumah tuh gak bisa ditawar-tawar lagi. Sedangkan energi renewable gak bisa ditawar lagi karena kita sudah kota ini haruslah menjadi kota percontohan," ujar Bambang.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Survei Poltracking: Mayoritas Publik Setuju Pembangunan IKN
Sri Mulyani: Aset di Jakarta Saat Ibu Kota Pindah Jadi Harta Karun Negara
Rumah untuk Menteri di Ibu Kota Baru Mulai Dibangun, Jumlahnya Mencapai 36
Pemerintah Harap Investor Mulai Masuk IKN di Kuartal II-2023
Jokowi Tunjuk Bambang Brodjonegoro Pimpin Seleksi Calon Petinggi Otorita IKN
Proyek IKN Nusantara Buka Peluang Bisnis Baru dan Tampung Minat Investasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini