Kisah Orang Terkaya Yusaku Maezawa, Mantan Pemain Band yang Kini Berharta Rp83 T

Kamis, 19 September 2019 06:00 Reporter : Merdeka
Kisah Orang Terkaya Yusaku Maezawa, Mantan Pemain Band yang Kini Berharta Rp83 T Salah Satu Orang Terkaya Jepang, Yusaku Maezawa. CNBC©2015

Merdeka.com - Pengusaha kaya asal Jepang Yusaku Maezawa menunggu salah satu mimpinya terwujud. Terbang ke bulan. Dia sedang menunggu panggilan oleh Elon Musk untuk bisa menumpangi roket buatannya, Space X, untuk pergi ke bulan. Tak disangka, kini salah satu orang terkaya Jepang itu malah menjual usaha yang mengantarnya menjadi miliarder.

Dikutip Financial Times, Selasa (17/9), Maezawa setuju menjual mayoritas saham Zozotown yang merupakan platform fashion ternama di Jepang. Pihak pembeli adalah Yahoo Japan yang membeli Zozo seharga USD 3,7 miliar atau Rp51,6 triliun (USD 1 = Rp13.949).

Sebagai bagian dari kesepakatan, Maezawa juga menjual 30 persen sahamnya di Zozo senilai USD 2,2 miliar (Rp30,6 triliun). Miliarder pecinta seni itu juga mundur dari posisi CEO Zozo.

Yahoo Japan membeli Zozo untuk berekspansi untuk melawan platform Amazon. Posisi Maezawa akan digantikan oleh Kotaro Sawada, direktur di Zozo sejak tahun 2013.

Sayangnya, performa Zozo merosot karena proyek Zozosuit yang kurang menguntungkan membuat laba tahunannya turun sebesar 20 persen.

Sang miliarder pun menghilang di Twitter selama beberapa bulan untuk memperbaiki bisnis Zozo. Kini, ia berkata menjual saham di Zozo karena tertarik pada hal baru.

Maezawa masih orang terkaya nomor 22 di Jepang dengan kekayaan USD 2 miliar (Rp27,8 triliun). Sebelum sukses sebagai pebisnis, dia sempat menjadi pemain band.

Orang terkaya ini menjadi sorotan dunia karena membeli lukisan Skull karya Jean-Michel Basquiat seharga USD 110,5 juta. Pada tahun 2018, dia menjadi klien Elon Musk untuk wisata ke bulan, namun belum jelas kapan tanggal kepergiannya.

Baca Selanjutnya: Sempat Bercanda Sudah Bangkrut...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini